Sabtu, 17 Nopember 2018

5.025 Rumah Warga Siap Teraliri Gas, Maryono Tak Lagi Diomeli Istri

Kamis, 18 Oktober 2018 01:45:03 WIB
Reporter : Renni Susilawati
5.025 Rumah Warga Siap Teraliri Gas, Maryono Tak Lagi Diomeli Istri

Probolinggo (beritajatim.com) -  PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk targetkan mampu mengaliri 5.025 rumah tangga di Kota Probolinggo Jatim. Empat Kelurahan di Kecamatan Mayangan menjadi pilot projectnya.

Empat kelurahan itu adalah Jati, Mayangan, Wiro Borang serta Mangunharjo. Namun untuk tahap awal PGN Tbk sebagai operator dan pembangunan Jaringan gas rumah tangga (Jargas) sudah melakukan uji coba pemasangan pada 10 rumah tangga.

"Disini 10 rumah tangga sudah terpasang dan biaya pemasangannya gratis. Kami berharap hingga akhir tahun ini warga kami  di 611 RT, sudah merasakan murah dan mudahnya gas alam dari PGN," ujar Endah Dwi Kumalasari, Lurah Jati, Kota Probolinggo, Rabu (17/10/2018).

Hal yang sama juga diamini oleh Maryono (50) yang kesehariannya berprofesi sebagai tukang jahit. Dia mengaku bersyukur mendapat aliran gas alam secara gratis. Selain murah dirinya tak perlu lagi dipusingkan dengan jeritan istrinya setiap tiga hari sekali yang meminta membelikan tabung elpiji molen ke toko kelontong dekat rumah mereka.

"Kalau siang sih, saya langsung belikan. Yang repot itu kalau malam-malam minta kopi, eh elpijinya habis malah bisa diomelin juga sama istri. Ngomel karena kesal gasnya tidak bisa dibeli, karena warungnya tutup," kenang Maryono.
 
Agung Kuswardono, Pejabat Pembuat Komitmen Project Jargas Probolinggo, dari Ditjen Migas Kementerian ESDM mengatakan bahwa warga Kota Probolinggo yang mendapatkan jargas mencapai 5.025  rumah tangga.

"Kelurahan yang dapat Jargas ini bukan kami yang memilihnya melainkan hasil usulan dari kepala daerahnya kepada Kementerian ESDM, tersebar di titik-titik Regulating Station (RS) di wilayah Kelurahan Jati dan Kelurahan Mangunharjo. Dan untuk kesiapan aliran gas PGN sudah membangun MRS (Metering and Regulating Station) di Kantor Kelurahan Jatim serta RS ( Regulating Station) di sepanjang Jalan Sabdo Palon, Mangunharjo serta Jl Ikan Kerapu," tandasnya. [rea/suf]

Tag : pgn

Komentar

?>