Rabu, 12 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Ini Solusi Membuat Bisnis Keluarga Menjadi Profesional

Jum'at, 12 Oktober 2018 11:34:30 WIB
Reporter : Renni Susilawati
Ini Solusi Membuat Bisnis Keluarga Menjadi Profesional

Surabaya (beritajatim.com) - Pelaku bisnis keluarga di Surabaya mendapat tawaran menarik dari Management Consultan PT Magnet Solusi Integra untuk  mengikuti workshop dengan tema Transformasi Famuly Business ke Lebih Profesional.

Workshop yang akan menampilkan pembicara Ir. Daniel Saputro, MM. MBA, Senior Corporate Consultant & Strategy Business yang berpengalaman lebih dari 21 Tahun ini akan digelar Jumat - Sabtu, 26-27 Oktober 2018 di Hotel Santika Premiere Jl Raya Gubeng Surabaya.

"Workshop ini menjadi kesempatan bagi para  founder dan member of family business ntuk Mendapatkan konsep, strategi dan pemahaman yang sama tentang masa depan bisnis keluarga," kata Direktur PT Magnet Solusi Integra I Novianingtyastuti, Jumat (12/10/2018).

Menurut Novi, peserta yang berminta langsung bisa mendaftar melalui 08113405557. Biaya pendaftaran mengikuti workshop untuk dua hari Rp 3 juta. Bagi group  biaya Rp 6,5 juta untuk 3 orang.

Berikut wawancara wartawan beritajatim.com tentang workshop ini.

Apa pentingnya kegiatan workshop tentang  family business yang akan digelar Magnet Solusi Integra?

Family business atau bisnis keluarga punya potensi sangat besar. Kita mengenal PT Djarum  yang berkembang dari perusahaan rokok, kini merambah perbankan hingga industri berbasis digital. Djarum hanya salah satu contoh sukses. Di Jatim kita mengenal, antara kain Kapal Api dan Maspion. Mereka perusahaan keluarga yang terus bisa berkembang mengikuti zaman.

Namun kita juga melihat, banyak perusahaan keluarga skala menengah atau bahkan besar yang kemudian surut atau bahkan bangkrut akibat gagal bertransformasi menjadi perusahaan modern. Ada banyak hambatan untuk sukses melakukan transformasi, lazimnya karena konflik keluarga. Bisa juga karena gagal melakukan regenerasi. Bisa juga akibat budaya perusahaan yang telah dibangun para pendahulu tidak mampu mengimbangi perubahan orientasi bisnis baru perusahaan. Misalnya, perusahaan telah mengubah orientasi bisnis menjadi perusahaan nasional atau bahkan regional, sementara budaya perusahaannya tidak berubah. Tidak sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku global.

Melihat potensinya yang sangat besar bagi perekonomian, termasuk perekonomian nasional, menjadi tugas kita bersama untuk membuat perusahaan-perusahaan kelurga itu bisa bertahan dan bahkan terus berkembang. Karena itulah, MSI ( Magnet Solusi Integra) menggelar workshop dengan tema TRANSFORMASI FAMILY BUSINESS KE LEBIH PROFESIONAL.

Apa target kegiatan?
Dalam kegiatan ini MSI akan menghadirkan Pak Daniel Saputro. Dia punya pengalaman  menjadi  Corporate Consultant & Strategy Business Lebih dari 21 Tahun.  Pak Daniel yang akan berbagi pengetahuan dan pengalamannya sebagai konsultan dan pelaku bisnis bagaimana cara menggunakan strategi yang jitu untuk mengelola dan mengembangkan bisnis keluarga. Juga akan dipandu caranya agar bisnis keluarga  mampu bertahan dan  berkembang di masa depan. Yang paling penting juga akan ada tip  bagaimana cara mempersiapkan penerus yang tepat  dalam bisnis keluarga, termasuk memahami hukum ahli waris serta  legalitas family business.

Selain itu kami akan menghadirkan bintang tamu, yakni pengelola bisnis kelurga generasi kedua yang sukses mengembangkan usahanya, meningkatkan level dari perusahaan nasional menjadi perusahaan level regional.

Siapa yang akan jadi bintang tamu? 
Nah yang ini biarlah menjadi kejutan bagi peserta workshop. Yang terpenting, dalam workshop yang juga dihadiri business owner itu diharapkan  semua peserta bisa berbagi pengalaman. Dengan demikian manfaat workshop menjadi lebih utuh. Kita tidak hanya belajar teori, tapi juga kisah-kisah keberhasilan dalam mengatasi berbagai persoalan.

Mengapa family business harus bertransformasi?
Dalam 10 bahkan 20 tahun terakhir ini kondisi dunia usaha telah berubah banyak. Teknologi telah membuat dunia nyaris tanpa batas dan pasar bebas sulit dibendung. Teknologi juga melahirkan kebutuhan konsumen yang berbeda dengan masa lalu. Mereka lebih percaya kesaksian konsumen tentang suatu produk yang diunggah di media sosial. Di banyak perusahaan kini banyak yang dihunii 4 generasi pekerja atau bahkan 3 generasi owner, ada kakek atau engkong yang membentuk, anak yang mengembangkan dan cucu yang mulai juga masuk ke dalam management. Karena anaknya lebih dari dua, maka bisa dibayangkan bagaimana dinamika perusahaan. Karena selain putra mahkota yang didaulat menjadi pucuk pimpinan, pasti juga paman, sepupu dan lainnya.

Generasi yang nggak kenal sama sekali teknologi modern, kumpul dengan pekerja dan owner dari generasi milineal. Anak-anak muda yang kenal dengan teknologi ini biasanya tidak sabaran karena mereka bekerja dengan cara baru, punya cara pandang baru dan wawasan yang biasanya jauh lebih luas. Perbedaan-perbedaan ini perlu dikelola dengan baik agar perusahaan tidak kehilangan penerus yang bisa menjawab tantangan masa depan.

Singkat kata dunia bisnis berherak makin semakin cepat, kompetisi makin keras dan kompleks, sementara tantangan organisasi dalam family businnes untuk berkembang makin rumit.  Tapi, bisa juga dilihat perubahan-perubahan itu  juga melahirkan peluang, masuknya anak-anak muda dalam bisnis keluarga juga memungkinkan perusahaan mendapatkan SDM yang lebih paham perkembangan zaman. Mereka yang sudah siap pasti bisa memanfaatkan peluang itu, tetapi bagi mereka yang gagal mengelola perubahan atau  gagal bertransformasi itu menjadi ancaman serius.

Mengapa workshopnya harus 2 (dua) hari?
Karena manajemen bisnis keluarga meliputi banyak aspek, jadi harus detail. Biar pemahaman peserta bisa utuh dan punya modal untuk membawa bisnis keluarga mereka bisa bertransformasi menjadi perusahaan yang lebih profesional. Jadi dalam workshop ini, kita tidak bicara hanya kulit-kulit persoalan, tetapi sampai pada inti persoalan dan menunjukkan berbagai alternatif solusi dalam pengembangan bisnis keluarga. Yang menyampaikan materi adalah konsultan dan pebisnis dengan pengalaman lebih dari 21 tahun, jadi pasti menarik. Apalagi akan ada bintang tamu yang juga punya pengalaman menarik.

Komentar

?>