Jum'at, 19 Oktober 2018

Progress Konstruksi Tol Pandaan-Malang Capai 71 Persen

Rabu, 10 Oktober 2018 22:42:36 WIB
Reporter : Rahardi Soekarno J.
Progress Konstruksi Tol Pandaan-Malang Capai 71 Persen

Surabaya (beritajatim.com) - Dinas PU Bina Marga Provinsi Jatim mengaku optimistis pengerjaan jalan tol Pandaan-Malang yang dilakukan PT Jasa Marga (Persero) Tbk rampung sesuai target.

"Hingga 8 Oktober, pengerjaan konstruksi jalan tol Pandaan-Malang mencapai 71,20 persen, sedangkan pengadaaan lahan mencapai 91,94 persen dari total keseluruhan lahan," kata Kadis PU Bina Marga Provinsi Jatim, Gatot Sulistyo Hadi ketika dikonfirmasi, Rabu (10/10/2018).

PT Jasamarga Pandaan-Malang (JPM), anak usaha Jasa Marga yang mengelola jalan tol tersebut terus melakukan berbagai upaya untuk merampungkan pembebasan lahan yang dibutuhkan.

Hal tersebut dilakukan guna mengejar target agar ruas tol sepanjang 38,49 km tersebut dapat beroperasi pada triwulan I tahun 2019.

"Walaupun pembebasan lahan pada tol tersebut belum selesai sepenuhnya, namun proyek jalan tol itu diusahakan rampung sesuai jadwal yang telah ditetapkan," tukasnya.

Jalan Tol Pandaan-Malang terdiri dari lima seksi. Seksi 1 adalah Pandaan hingga Purwodadi sepanjang 15,48 km. Lalu, Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 km, Seksi 3 Lawang-Pakis I sepanjang 7,10 km; Seksi 4 Pakis I-Pakis II sepanjang 4,75 km; dan Seksi 5 Pakis II-Malang sepanjang 3,11 km.

Jalan Tol Pandaan-Malang memiliki masa konsesi 35 tahun dengan nilai investasi mencapai Rp 5,9 triliun.

Jalan tol Pandaan-Malang akan terhubung dengan jalan tol Gempol-Pandaan. Dengan beroperasinya jalan tol ini, maka diharapkan dapat mengurai kemacetan yang ada di jalan arteri dan memangkas waktu tempuh dari Malang menuju Pandaan atau sebaliknya.

Selain itu, rampungnya jalan tol Pandaan-Malang dapat mempercepat arus distribusi barang dan jasa serta meningkatkan perekonomian di Pulau Jawa, khususnya Jawa Timur. [tok/suf]

Tag : jalan tol

Komentar

?>