Rabu, 17 Oktober 2018

Mitra Batan Belajar ke Jember

Rabu, 19 September 2018 22:24:55 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Mitra Batan Belajar ke Jember
foto: ilustrasi

Jember (beritajatim.com) - ATP (Agro Tekno Park) yang menjadi mitra Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) belajar ke Kabupaten Jember, Jawa Timur, 18-19 September 2018.

Mereka adalah ATP Polewali Mandar, ATP Klaten, dan ATP Musi Rawas. Dua peserta dari mitra Batan lainnya (Serang) merupakan binaan N-STP (Nasional Sains Tekno Park) Pasar Jumat. Pelatihan digelar Homestay Doho.

"Nasional Sains Tekno Park (N-STP) dan tiga Agro Tekno Park (ATP) di Klaten, Musi Rawas, dan Polewali Mandar adalah wadah untuk hilirisasi inovasi  teknologi yang telah dihasilkan yang memberikan dampak nyata pada peningkatan pendapatan masyarakat," kata Kepala Pusdiklat BATAN Sudi Ariyanto, sebagaimana siaran pers yang diterima beritajatim.com.

Pelatihan digelar untuk mencapai tujuan kegiatan N-STP dan keberlanjutan kegiatan. Personel berkualifikasi sebagai penangkar handal perlu dilatih untuk dapat memenuhi kebutuhan benih di daerah.

Selain itu dilakukan pelatihan bagi Pengusaha Pemula berbasis Teknologi (PPBT). Demikian tujuan dari program N-STP dan ATP dapat tercapai dan berkelanjutan.

"Pelatihan penangkaran dan manajemen usaha perbenihan kedelai ini merupakan kerjasama Badan Tenaga Nuklir Nasional, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Jember dengan UD Dewi Ratih," kata Sudi.

Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas penangkar dan managemen usaha perbenihan padi di masing-masing ATP dan N-STP. Diharapkan dari pelatihan ini akan melahirkan penangkar dan pengusaha benih kedelai yang handal di masing-masing ATP dan N-STP untuk mendukung kemandirian ATP dan N-STP tersebut. [wir/suf]

Tag : pertanian

Komentar

?>