Sabtu, 20 Oktober 2018

Pelindo III Group Salurkan 387 Hewan Kurban Kepada Masyarakat

Rabu, 22 Agustus 2018 12:38:15 WIB
Reporter : Renni Susilawati
Pelindo III Group Salurkan 387 Hewan Kurban Kepada Masyarakat

Surabaya (beritajatim.com) –  Dalam memperingati hari raya Idul Adha 1439 H, sedikitnya 387 hewan kurban dari Pelindo III Group akan disalurkan kepada masyarakat di wilayah kerja Pelindo III yang berada di tujuh provinsi meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Hewan kurban tersebut terdiri dari 126 ekor sapi dan 261 ekor kambing.

Diantara 43 pelabuhan yang dikelola Pelindo III, Pelabuhan Tanjung Perak menjadi salah satu titik  pendistribusian hewan kurban terbanyak dengan total 38 ekor sapi dan 102 ekor kambing.

Beberapa hewan kurban tersebut diserahkan dalam bentuk hewan kurban hidup sebanyak 20 ekor sapi dan 102 ekor kambing ke yayasan panti asuhan, masjid, mushola dan pondok pesantren.

Sementara 18 ekor sapi dibagikan dalam bentuk daging kurban yang menjangkau sekitar 1.400 warga di tiga kelurahan yaitu perak utara, perak timur dan perak barat yang dikelola oleh Takmir Masjid Baitul Hakam, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Human Capital and General Affair Director Pelindo III Toto Heli Yanto secara simbolis menyerahkan hewan kurban Pelindo III dan diterima oleh Ketua Panitia Kurban Pelindo III Nugroho, di halaman Masjid Baitul Hakam, Rabu (22/8).
Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa kegiatan kurban merupakan perwujudan rasa syukur seorang hamba kepada Allah SWT sebagaimana tuntunan yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim.

“Ibadah kurban kami jalankan denganpenuh keikhlasan dan kerendahan hati, sebagai cara untuk mensyukuri nikmatyang diberikan oleh Allah SWT,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa hewan-hewan kurban tahun ini terkumpul dari korporasi, para karyawan, keluarga karyawan, anak usaha, dan mitra kerja Pelindo III Group.
Penyaluran daging kurban hasil sembelihan nantinya akan diberikan kepada golongan masyarakat yang membutuhkan, seperti tenaga kerja bongkar muat pelabuhan, petugas kebersihan, takmir masjid dan musholla, serta sejumlah yayasan dan panti asuhan. “Pembagian daging kurban ini menjadi kesempatan Pelindo III Group bersilaturahmi dengan masyarakat sekitar pada kesempatan yang baik, Hari Raya Idul Adha”, ujar Toto.

Sebelum pelaksanaan penyaluran hewan kurban, panitia terlebih dahulu menyelenggarakan sholat Idul Adha bersama di halaman kantor Pelabuhan Tanjung Perak dengan imam Ust Jumardi Al Hafidz dan khotib Prof. Dr. Ir. Abdullah Shihab, MSc yang mengambil tema pasrah dalam ketaatan.

Corporate Secretary Pelindo III Faruq Hidayat membenarkan bahwa Pelindo III secara rutin menyelenggarakan kegiatan berkurban dalam memperingati hari besar bagi pemeluk agama islam dan menyalurkan hewan maupun daging kurban kepada masyarakat yang membutuhkan di wilayah Pelindo III.

"Sebagai salah satu perusahaan BUMN kepelabuhanan yang berada ditengah-tengah masyarakat tentunya kami memiliki kesadaran untuk berkontribusi secara optimal. Maka dalam merayakan hari raya Idul Adha, setiap tahunnya perusahaan secara rutin mendistribusikan hewan maupun daging kurban kepada masyarakat. Tidak hanya pada momentum tertentu saja, namun Pelindo III Group juga sering menyelenggarakan kegiatan sosial sebagi wujud dari kegiatan Pelindo III Dedication (P3De), seperti kegiatan kerja bakti, konservasi tanaman bakau, pengecatan paving di jalan gang, membuat  seni lukis mural bertema pelabuhan, penyediaan tong sampah, penyediaan taman baca dan pengembangan kampung wisata dan hidroponik," pungkas Faruq.[rea/ted]

Tag : pelindo

Komentar

?>