Kamis, 15 Nopember 2018

Terganjal Kepulauan, Realisasi Rastra Sumenep Baru 68 Persen

Rabu, 15 Agustus 2018 23:25:57 WIB
Reporter : Temmy P.
Terganjal Kepulauan, Realisasi Rastra Sumenep Baru 68 Persen

Sumenep (beritajatim.com) - Berdasarkan data di Pemerintah Provinsi Jawa Timur, realisasi penyaluran rastra (beras untuk rakyat sejahtera) di Kabupaten Sumenep hingga Agustus 2018 baru berkisar 68-70 persen. Sedangkan daerah-daerah lain di Jawa Timur sudah mencapai 90 persen.

"Untuk Kabupaten Sumenep memang berbeda dengan daerah lain di Jawa Timur, karena di sini ada wilayah kepulauan. Realisasi yang masih rendah itu di wilayah kepulauan. Kalau wilayah daratan, realisasinya mendekati 100 persen," kata Kepala Sub Bagian Sarana dan Prasarana,Bagian Perekonomian Pemkab Sumenep, Mohamad Arjuhadi, Rabu (15/08/2018).

Ia menjelaskan, untuk Kabupaten Sumenep, ada empat kecamatan Kepulauan yang selama dua bulan belum menyalurkan rastra, yakni Kecamatan Arjasa dan Kangayan Pulau Kangean, Kecamatan/ Pulau Sapeken, dan Kecamatan/ Pulau Masalembu. Bahkan di Kecamatan Sapeken pagu rastra sejak Juni 2018 belum terserap sama sekali.

"Salah satu kendala penyaluran rastra untuk wilayah kepulauan itu karena cuaca buruk. Akibatnya, tidak ada kapal yang berlayar," ujarnya.

Sedangkan untuk daratan, terangnya, distribusi rastra relatif normal, walaupun ada beberapa kecamatan yang tingkat penyerapannya belum mencapai seratus persen. Diantaranya Kecamatan Manding, Guluk-Guluk, dan Dasuk.

"Sedangkan enam kecamatan di daratan yaitu Ambunten, Batang-Batang, Gapura, Kalianget, dan Pasongsongan, sudah melakukan penyerapan seratus persen hingga Agustus 2018," terangnya. [tem/suf]

Tag : raskin bulog

Komentar

?>