Rabu, 22 Agustus 2018

Kembangkan Bisnis Lerak untuk Sampo

Sabtu, 11 Agustus 2018 10:50:42 WIB
Reporter : Anniza Azizurohmah
Kembangkan Bisnis Lerak untuk Sampo

Surabaya (beritajatim.com) - Buah Lerak terkenal menjadi bahan baku utama untuk mencuci batik dan kain. Kandungan zat Saponin yang dapat menarik kotoran yang melekat pada serat kain. Namun kini, buah Lerak diinovasikan menjadi sampo penghilang ketombe dan anti rontok.

"Awalnya hanya dibuat untuk membersihkan batik, tapi setelah diteliti terdapat kandungan yang dapat membersihkan ketombe rambut dan mencegah rontok", ungkap Ani, anak dari pemilik usaha Sari Lerak Sedjati.

Selain itu, Ani menambahkan, produk berbahan dasar buah Lerak ini selain aman bagi kulit juga ramah lingkungan karena limbah hasil pembuatan sampo dan sabun bisa menjadi pupuk kompos.

Saat ini produk yang dikembangkannya masih ada dua produk yakni sabun batik dan sampo. Namun ia juga menyediakan buah Lerak yang belum diolah jika ada pembeli yang ingin membuat racikan sendiri. "Produk kita yang paling banyak dibeli ya samponya, nah bisa di beli toko online, Shopee dan Tokopedia," ungkapnya

Untuk Sari Lerak, tersedia aroma melati dan cendana. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau hanya dengan merogoh kocek 15 ribu hingga 25 pembeli sudah dapat produk ini dalam kemasan 275 ml dan 550 ml. "Kedepannya kita ingin membuat produk lain seperti lulur badan, ini masih kita coba dan teliti," tambahnya.[azz/kun]

Tag : umkm sampo

Komentar

?>