Senin, 22 Oktober 2018

Pemkab Pamekasan Jadwalkan Gelar Operasi Tembakau Jawa

Kamis, 09 Agustus 2018 18:57:59 WIB
Reporter : Samsul Arifin
Pemkab Pamekasan Jadwalkan Gelar Operasi Tembakau Jawa

Pamekasan (beritajatim.com) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan mulai merencanakan agenda operasi gabungan bersama TNI-Polri, guna mengantisipasi masuknya tembakau Jawa menjelang musim panen tembakau 2018.

Sebab peluang masuknya tembakau Jawa ke wilayah Madura khususnya di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam terbilang cukup tinggi. Sehingga harus segera diantisipasi sebagai upaya merealisasikan amanah Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2015 tentang Tata Niaga dan Perlindungan Tembakau Madura.

"Saat ini kami sudah menyusun jadwal untuk melakukan pengawasan di perbatasan wilayah Pamekasan, sehingga nanti tembakau non Madura (tembakau Jawa) tidak masuk ke Pamekasan," kata Kabid Penegakan Perundang-Undangan Satpol-PP Pamekasan Yusuf Wibiseno, Kamis (9/8/2018).

Selama ini masuknya tembakau Jawa sering terjadi karena luasnya lahan tembakau Madura sangat minim, sehingga dimanfaatkan oknum tertentu untuk mendapat keuntungan. "Tidak kalah penting, masuknya tembakau Jawa dapat merusak kualitas tembakau Madura," ungkapnya.

Guna mengantisipasi hal tersebut, pihaknya sudah mulai melakukan komunikasi dan koordinasi bersama sejumlah instansi terkait. Salah satunya pihak TNI-Polri. "Dari itu kami akan melakukan operasi pada pertengahan Agustus 2018," jelasnya.

Dari itu pihaknya berharap dengan adanya operasi nantinya bisa meminimalisir sekaligus mencegah masuknya tembakau Jawa ke Pamekasan. "Kami berharap tidak sampai ada tembakau Jawa, baik daun maupun kering masuk ke Pamekasan," harapnya.

Memang selama ini tembakau Jawa seringkali lolos dan beredar di Pamekasan, hal tersebut terjadi bukan karena minimnya pengawasan dari petugas di perbatasan. Justru oknum tertentu memiliki alasan untuk mengirim tembakau ke wilayah Sumenep yang notabene melewati jalur Pamekasan. [pin/but]

Tag : tembakau

Komentar

?>