Senin, 22 Oktober 2018

Jangan Cemas, Uang Terbakar Masih Bisa Diganti

Kamis, 09 Agustus 2018 00:07:42 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Jangan Cemas, Uang Terbakar Masih Bisa Diganti
foto/ilustrasi

Jember (beritajatim.com) - Para korban kebakaran tidak perlu khawatir kehilangan seluruh aset uang tunai. Bank Indonesia membuka ruang kepada para korban untuk memperoleh ganti uang yang terbakar tersebut.

Caranya mudah. Abu bekas uang yang baru terbakar tersebut jangan terburu-buru dibuang atau dibersihkan. Materi uang yang terbakar tersebut sebaiknya dengan hati-hati dipindahkan secara utuh dalam kotak yang tertutup rapat dan kemudian dibawa ke Kantor Bank Indonesia setempat. Jangan sampai kertas bekas uang yang terbakar itu hancur lebur dan terberai.

"Kami bisa membantu melakukan identifikasi. Nanti (bekas uang terbakar) itu akan kami analisis untuk menentukan apakah asli atau palsu. Kalau kami nilai ini uang asli dan kami bisa menghitungnya, maka kami akan ganti uang itu sesuai hasil kajian kami terhadap uang terbakar tadi. Kami punya alat dan laboratorium," kata Pemimpin Kantor BI Jember Hestu Wibowo.

Hestu tidak menjamin uang itu kembali seratus persen, karena harus disesuaikan dengan hasil analisis laboratorium. "Kalau nanti misalnya uang yang dilaporkan terbakar Rp 1,5 juta, tapi ternyata berdasar hasil analisis kami yang bisa diganti Rp 1,2 juta, ya kami ganti Rp 1,2 juta," katanya.

Analisis tersebut membutuhkan waktu maksimal 14 hari. "Kalau bisa cepat, kami akan segera sampaikan," kata Hestu.

Sejauh ini di Kabupaten Jember belum ada yang menggunakan jasa layanan tersebut. "Setahu saya ada pasar di Jakarta terbakar. Uang pedagang yang terbakar dianalisis lalu diganti sesuai hasil analisis laboratorium," kata Hestu. [wir/suf]

Komentar

?>