Minggu, 21 Oktober 2018

AIP-Rural Tawarkan Peningkatan Pendapatan Petani

Selasa, 17 Juli 2018 19:56:09 WIB
Reporter : Samsul Arifin
AIP-Rural Tawarkan Peningkatan Pendapatan Petani

Pamekasan (beritajatim.com) - Australia-Indonesia Partnership for Rules Economic Development (AIP-Rural) menawarkan solusi berimbang bagi masyarakat. Khususnya para petani maupun pengusaha yang bergerak dalam bidang pertanian di Indonesia.

"AIP-Rural (kerjasama pemerintah Australia dan Indonesia dalam sektor perkembangan ekonomi pertanian) bekerja di lima provinsi di kawasan Indonesia timur. Mulai dari kawasan Jawa Timur, NTB, NTT, Papua Barat dan Papua," kata Head of Portofolio III Prisma Mohasin Kabir di Meeting Room Hotel Front One Jl Jokotole Pamekasan, Selasa (17/7/2018).

Jalinan kerjasama tersebut memiliki berbagai tujuan yang memberikan dampak positif bagi masyakat, khususnya dalam peningkatan sektor pertanian. "AIR-Rular ini bertujuan meraih peningkatan pendapatan bagi 300 ribu rumah tangga pertanian dan yang akan berakhir 2018 ini," ungkapnya.

"Selain itu, kami juga memiliki fokus pada peningkatan daya saing dan akses petani kepada pasar, input, keuangan dan teknologi. Jadi AIP-Rular menawarkan win-win solution dalam bidang pertanian yang memberikan kesempatan kepada para investor untuk mendukung petani," jelasnya.

Tidak hanya itu, jalinan kemitraan dengan berbagai instansi yang bergerak di berbagai bidang juga dilakukan demi merealisasikan tujuan yang dicanangkan. "Dalam hal ini kami bermitra dengan aktor-aktor kunci pasar demi meningkatkan peran dan kapasitas aktor pasar untuk memperbaiki kualitas input, fasilitas dan pelayanan di sektor pertanian," imbubnya.

"Jadi dalam aspek kemitraan ini, pendekatan win-win solution yang berkelanjutan semua elemen. Apalagi AIP-Rural sebagai payung program yang menaungi berbagai sektor, meliputi Prisma, Safira, Tirta hingga Arisa yang bergerak di bidang penelitian," pungkasnya. [pin/but]

Tag : pertanian

Komentar

?>