Kamis, 15 Nopember 2018

Krisis Air Bersih, Realisasi Tanam Tembakau Hanya 50 Persen

Kamis, 12 Juli 2018 20:57:13 WIB
Reporter : Temmy P.
Krisis Air Bersih, Realisasi Tanam Tembakau Hanya 50 Persen

Sumenep (beritajatim.com) - Realisasi tanam tembakau di Sumenep hingga saat ini diperkirakan baru mencapai 50 persen dari ploting areal tanaman tembakau yang telah ditentukan.

"Tetapi areal tanam tembakau itu saya yakin akan terus bertambah, karena para petani di beberapa daerah juga mulai menanam tembakau. Jadi masa tanam tembakaunya memang tidak bersamaan," kata Kabid Perkebunan, Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumenep! Abdul Hamid, Kamis (12/07/2018).

Ploting areal tanaman tembakau 2018 di Kabupaten Sumenep seluas 21.893 hektar. Dengan lahan seluas itu, diproyeksikan akan mampu menghasilkan tembakau sebanyak 14.000 ton dengan perkiraan 600 kwintal per hektarnya.

"Kalau ternyata realisasi tanam tembakau di bawah ploting areal tanam tembakau, tentu saja produksi tembakaunya juga di bawah target," ujarnya.

Ia mejelaskan, masih minimnya realisasi areal tanam tembakau, lebih disebabkan pada faktor musim. Musim kemarau datang dengan tiba-tiba, sehingga banyak lahan yang kering dan tidak bisa ditanami tembakau.

"Petani tembakau lambat menyimpan air untuk pengairan tanam tembakau. Karena di Sumenep ini petani banyak yang masih menggunakan air hujan untuk mengairi tanaman tembakau, terutama di daerah-daerah krisis air bersih," ujarnya. (tem/kun)

Tag : tembakau

Komentar

?>