Minggu, 22 Juli 2018

Beli BBM Tak Boleh Pakai Jurigen, Warga Berburu Kaleng Drum

Selasa, 10 Juli 2018 22:23:05 WIB
Reporter : M Muthohar
Beli BBM Tak Boleh Pakai Jurigen, Warga Berburu Kaleng Drum

Tuban (beritajatim.com) - Terkait dengan adanya larangan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dengan menggunakan jurigen plastik membuat para warga mulai berburu kaleng bekas, Selasa (10/7/2018).

Sejumlah warga yang merupakan penjual BBM eceran dari wilayah desa-desa di Tuban mencari kaleng di toko-toko yang ada di pasar baru jalan Gajah Mada, Kabupaten Tuban.

Kaleng bekas itu akan digunakan untuk membeli BBM di SPBU yang kemudian dijual lagi secara eceran.

Ramainya warga yang mencari kaleng bekas yang akan di gunakan untuk membeli BBM di SPBU sudah terjadi sejak beberapa hari terakhir. Kaleng yang menjadi incaran para penjual BBM eceran itu adalah yang berukuran 30 liter.

"Memang yang beli ini penjual bensin eceran mas. Banyak juga yang sudah pesan. Ini di toko juga habis barangnya," terang Hasan, salah satu penjual kaleng yang ada di pasar baru Tuban.

Dalam kurun waktu sekitar satu minggu terakhir, sejumlah pedagang mengaku bisa menjual kaleng drum kecil itu 5 buah. Meski harganya mahal, namun warga masih tetap membeli kaleng-kaleng dan membuat harganya juga mulai naik dibandingkan dengan sebelumnya.

"Untuk yang ukuran 30 liter ini Rp 230 ribu, sebelumnya kemarin itu Rp 200, kalau yang ukuran 36 liter Rp 250 ribu. Mungkin karena banyaknya permintaan, jadi harganya naik," tambahnya.

Sementara itu, sejumlah SPBU sudah mulai menerapkan untuk pembelian BBM jenis apapun tidak boleh menggunakan jurigen plastik sejak tanggal 1 Juli 2018 lalu. Sehingga mereka para penjual BBM eceran ataupun petani yang akan membeli BBM tidak lagi dilayani jika menggunakan jurigen plastik.

"Kita cari kaleng mas untuk kulak (beli) BBM di SPBU. Kalau tidak pakai kaleng drum seperti ini sekarang tidak dilayani," ujar Warsito, salah satu penjual BBM eceran yang telah membeli kaleng itu.[mut/ted]

Tag : spbu drum

Komentar

?>