Jum'at, 21 September 2018

Pelindo III Kirim Sembako untuk Korban Bencana Banjir Bandang di Banyuwangi

Selasa, 26 Juni 2018 22:10:16 WIB
Reporter : Renni Susilawati
Pelindo III Kirim Sembako untuk Korban Bencana Banjir Bandang di Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) – BUMN PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III membantu korban bencana alam banjir bandang pada empat dusun di Desa Alasmalang, Kecamatan Singonjuruh, Kabupaten Banyuwangi, Senin (23/6) malam. Pelindo III yang mengoperasikan Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, bersinergi dengan Bank Mandiri untuk mendirikan Posko BUMN Peduli di Dapur Umum Dinas Sosial Kabupaten Banyuwangi.

General Manager Pelindo III Cabang Tanjung Wangi Nizar Fauzi mengungkapkan bahwa penyaluran bantuan pada Senin (26/6) malam merupakan pengiriman bantuan lanjutan dari Kantor Cabang Pelindo III di Probolinggo yang mengoperasikan Pelabuhan Tanjung Tembaga.

"Sebelumnya pada hari Minggu (24/6/2018) malam sudah disalurkan bantuan dari Kantor Cabang Pelindo III di Banyuwangi. Bantuan yang disalurkan meliputi aneka bahan makanan pokok, baik dalam curah maupun dikemas dalam paket. Total bantuan senilai Rp 60,5 juta," jelasnya.

Nizar Fauzi menambahkan, dengan kondisi pemulihan pasca-bencana banjir bandangdan penetapan status tanggap darurat oleh Pemkab Banyuwangi, dipandang bantuan yang tepat saat ini ialah bahan pokok seperti beras, gula, minyak goreng, dan kopi berkoordinasi dengan pemerintah setempat. Kemudian juga bahan untuk lauk pauk seperti daging ayam, ikan laut, dan sayuran.

"Selain itu untuk meringankan kondisi korban di pengungsian, Pelindo III juga memberikan terpal dan selimut. Juga menambahkan dua kompor gas agar kegiatan memasak bisa sedikit lebih cepat," ujarnya.

Sebagaimana data yang tercatat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi sedikitinya terdapat 23 rumah yang mengalami rusak parah dari total 415 rumah yang terdampak banjir.

“Sedikitnya terdapat 1.300 jiwa atau 650 KK yang menjadi korban bencana ini. Dapur Umum ini merupakan salah satu bentuk tanggap darurat bencana yang disediakan untuk menyediakan konsumsi bagi korban bencana serta relawan,” kata Peni Handayani, Kepala Dinas Sosial Pemkab Banyuwangi yang ditemui di lokasi.[rea/kun]

Komentar

?>