Sabtu, 23 Juni 2018

Petani Tambak Sembayat Menangi Kontes Bandeng 2018

Kamis, 14 Juni 2018 01:05:26 WIB
Reporter : Deni Ali Setiono
Petani Tambak Sembayat Menangi Kontes Bandeng 2018

Gresik (beritajatim.com) - Petani tambak asal Desa Sembayat, Kecamatan Manyar, Gresik, H. Andilah (63) memenangi kontes bandeng tahun 2018 yang diselenggarakan Pemkab Gresik.

Bandeng dengan berat 8,0 kilo menyisihkan kontestan lainnya, dan berhak meraih hadiah uang sebesar Rp 15 juta. Tempat kedua diraih oleh H.Fauziyah asal Desa Watuagagung, Kecamatan Bungah, Gresik dengan berat bandeng 5,7 kilo dan berhak meriah hadiah uang Rp 10 juta. Sedangkan tempat ketiga diraih oleh Yoyok Sugeng asal Desa Yosowilangun, Kecamatan Manyar, Gresik dengan berat 4,5 kilo dan meraih hadiah uang Rp 7,5 juta.

Menurut H.Andillah menceritakan merawat ikan bandeng dengan berat 8,0 kilo dibutuhkan waktu selama 12 tahun agar bandeng bisa tumbuh dengan besar. Petani tambak asal Desa Sembayat itu punya resep tersendiri bagaimana ikan bandeng piarannya bisa memenangi kontes bandeng 2018.

"Untuk merawat bandeng seberat 8,0 kilo. Pertama, harus jeli dan berhati-hati terkait dengan sirkulasi air. Pasalnya, jika air keruh bisa menyebabkan bandeng yang dipelihara mati. Kedua, agar sirkulasi air tetap berjalan. Setiap hari air harus dibuang. Sebab, PH air setiap waktu bisa berubah-ubah. Sehingga, berpengaruh pada pertumbuhan," ujarnya, Rabu (13/06/2018).

Diakui H.Andillah, merawat bandeng dengan tumbuh besar dibutuhkan biaya puluhan juta rupiah. Padahal, jika dijual dipasran hanya laku berkisar Rp 900 ribu hingga Rp 1 juta. "Saya sudah ketiga kalinya memenangi kontes bandeng," tuturnya.

Sementara, Bupati Gresik Sambaro Halim Radianto, dan Wabup M.Qosim sangat mengapresiasi cara petani tambak yang berhasil memenangi kontes bandeng 2018. Meski dengan cara tradisional.

"Kegiatan kontes bandeng 2018 ini harus terus ditingkatkan karena merupakan budaya asli Gresik yang nantinya bisa dikonsep untuk menarik wisatawan," tandasnya. [dny/kun]

Berita Terkait

    Komentar

    ?>