Sabtu, 22 September 2018

Antisipasi Kenaikan Harga Tiket

Kapolres Jember Sidak Bandara

Minggu, 10 Juni 2018 16:06:36 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Kapolres Jember Sidak Bandara

Jember (beritajatim.com) - Kepala Kepolisian Resor Ajun Komisaris Besar Kusworo Wibowo mendatangi Bandara Notohadinegoro, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (10/6/2018). Ia mengantisipasi terjadinya kerawanan akibat kenaikan harga tiket pesawat sebagaimana di daerah lain.

"Kami mendapat informasi tiket di beberapa daerah meroket. Saya datang ke Bandahara Notohadinegoro untuk mengecek harga tiket pesawat Jember-Surabaya. Harganya ternyata masih Rp 602 ribu untuk Garuda dan untuk Wings masih Rp 300 ribu-an," kata Kusworo.

Berdasarkan informasi dari Dinas Perhubungan Jember, harga tiket masih stabil. Kusworo meminta agar harga tiket tetap sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 14 Tahun 2016 tentang Mekanisme Formulasi Perhitungan dan Penetapan Tarif Batas Atas dan Batas Bawah Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Kusworo juga menemui pimpinan perwakilan Garuda dan Wings Air di Jember. Ia meminta agar Permenhub benar-benar dipatuhi. "Saya berharap warga tidak resah soal harga tiket pesawat ini," katanya.

Kusworo mengatakan, secara umum kenaikan harga di masyarakat bisa berdampak terhadap stabilitas keamanan. "Jika kenaikan harga-harga tidak diikuti kemampuan untuk memenuhinya, tentunya ini bisa memicu pelanggaran hukum. Rawan tindak pidana jika harga tiket transportasi naik dan harga sembako naik di luar kewajaran," katanya.

Selain memantau tiket pesawat, Kusworo meminta kepada para pedagang kebutuhan pokok agar tidak melakukan penimbunan. "Kami juga mengadakan operasi pasar murah dengan menggandeng sejumlah pihak, supaya ada alternatif harga murah di masyarakat," katanya. [wir/but]

Tag : penerbangan

Komentar

?>