Rabu, 17 Oktober 2018

Pasar Sembako Murah Diserbu Ribuan Masyarakat

Selasa, 05 Juni 2018 18:10:12 WIB
Reporter : Lucky Aditya Ramadhan
Pasar Sembako Murah Diserbu Ribuan Masyarakat

Malang (beritajatim.com) - Paguyuban Genaro Ngalam-Jakarta menggelar Pasar Sembako Murah di Eco Wisata Coban Kethak, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, Selasa (5/6/2017). Pasar sembako murah ini pun langsung diserbu oleh ribuan masyarakat.

Ketua Paguyuban Genaro Ngalam-Jakarta, Tommy Sasangka Hadi mengatakan gelaran pasar murah sembako ini bekerjasama dengan Yayasan Kala Suba. Kegiatan ini digelar sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

"Kami memberikan bantuan sembako murah kepada pihak yang membutuhkan dengan melibatkan muspika setempat. Anggota kami yang berpatisipasi dalam kegiatan ini sekitar 13 orang," kata Tommy.

Ada sekitar 1.100 paket sembako yang disediakan pada pasar murah kali ini. Paket sembako tersebut berisikan beras, minyak tepung, gula, mie, kecap, garam dan lain-lain.

Sebanyak 300 paket ini diberikan secara cuma-cuma kepada golongan Mustahiq, seperti kaum dhuafa, guru ngaji, guru diniyah, takmir masjid dan lain-lain. Selain itu, sebanyak 300 paket untuk anggota bank sampah dan 500 paket berbayar.

Untuk paket bank sampah, masyarakat bisa membayar dengan sejumlah sampah. Sedangkan, paket berbayar, masyarakat hanya dengan membayar seharga Rp 25 ribu saja untuk sembako seharga Rp 100 ribu.

"Kami memberikan bantuan dana sekitar seribu seratus paket sembako. Ada yang dibayar dengan sampah, ada yang dibayar dengan murah dan ada yang disebarkan gratis ke pihak yang membutuhkan," papar Tommy.

Tommy mengatakan kegiatan ini baru pertama kali digelar oleh paguyubannya. Kegiatan ini sengaja dilakukan di Malang karena para anggota Paguyuban Genaro Ngalam-Jakarta sebelumnya pernah tinggal di Malang.

"Jadi kami ingin melakukan kegiatan sosial di Malang karena disitulah tempat kami pernah sekolah dulu. Paguyuban ini adalah kumpulan orang-orang yang pernah sekolah dan kuliah di yang sekarang tinggal dan berdomisili di Jabodetabek," ujar Tommy.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk berbagi di bulan puasa. Jika ada masyarakat yang membutuhkan bantuan ya harus kita bantu. Ini adalah kontribusi yang bisa kami lakukan sebagai orang Malang di Jakarta. Kita bersedekah dan kembali membantu Malang," imbuh Tommy.

Sementara itu, Ketua Panitia Pasar Sembako Murah, Dian Wahyu Utami mengatakan respon masyarakat cukup tinggi dalam kegiatan ini. Bahkan masyarakat yang datang pun sempat saling berebut untuk mendapatkan sembako gratis tersebut.

"Untuk bisa mendapatkan paket sembako disini harus mendapatkan kupon terlebih dulu beberapa hari sebelumnya. Jadi sekarang ini tinggal penukaran kupon dengan sembakonya saja. Sejauh in berjalan tertib karena sosialisasinya sudah luas," katanya.

"Kami berharap kegiatan ini bisa berlanjut menjadi agenda tahunan dan Paguyuban Gnaro Ngalam-Jakarta tetap menjadi donatur utamanya," tandasnya. (luc/kun)

Berita Terkait

    Komentar

    ?>