Sabtu, 23 Juni 2018

Satgas Pangan Malang Sidak Tiga Pasar, Ini Hasilnya

Kamis, 31 Mei 2018 00:43:57 WIB
Reporter : Brama Yoga Kiswara
Satgas Pangan Malang Sidak Tiga Pasar, Ini Hasilnya

Malang (beritajatim.com) - Tim Satgas Pangan Kabupaten Malang menggelar inspeksi mendadak (Sidak) di 3 pasar tradisional. Dari sidak di Pasar Tradisional Bululawang, Turen, dan Gondanglegi, belum ditemukan gejolak harga pangan yang signifikan jelang Lebaran dan selama puasa tahun ini.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kabupaten Malang, Hasan Tuasikal mengatakan, dilakukanya sidak oleh tim Satgas Pangan untuk memastikan tidak adanya kenaikan dan gejolah harga kebutuhan pangan di bulan Ramadan dan menjelang Lebaran Idul Fitri. Karena bagaimanapun, apabila terjadi gejolak harga barang kebutuhan pangan di pasar, maka tim Satgas Pangan siap merekomendasikan dilakukanya operasi pasar (OP) besar-besaran.

"Alhamdulillah dalam sidak di tiga Pasar semua harga kebutuhan pangan masyarakat dalam kondisi stabil dan normal. Bahkan cenderung mengalami penurunan harga," kata Hasan di pasar tradisional Turen, Rabu (30/5/2018).

Dijelaskan Hasan, kecenderungan harga kebutuhan pangan masyarakat mengalami penurunan lebih disebabkan oleh melimpahnya stok bahan kebutuhan pangan di Kabupaten Malang. Mulai beras, gula, minyak goreng, tepung terigu, dan lainya sangat mencukupi. Bahkan, stok bahan kebutuhan pangan yang ada cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga lima bulan kedepan.

"Maka dari itu, kami berharap kondisi harga barang kebutuhan pangan yang stabil bisa dipertahankan hingga Lebaran nanti," ucap Hasan.

Hasan melanjutkan, tim Satgas Pangan Kabupaten Malang akan terus memantau perkembangan harga-harga barang kebutuhan pangan masyarakat. Sementara untuk pedagang bahan kebutuhan pangan masyarakat untuk tidak melakukan kecurangan dengan menaikkan harga sepihak bila tidak ingin terkena sanksi.
"Tentunya semua pedagang tidak ingin bermasalah, makanya kami harap pedagang bahan pangan di Kabupaten Malang tidak ada yang berani bermain," ucap Hasan.

Sementara Tim Satgas Pangan Polres Malang, Iptu Sutiyo menambahkan, saat ini pihaknya belum menemukan adanya tindakan kecurangan harga yang dilakukan pedagang bahan kebutuhan pangan saat menjelang Ramadhan hingga sekarang ini. Baik melakukan kecurangan harga maupun kecurangan penimbunan stok pangan.

Demikian halnya dengan gudang-gudang penyimpanan bahan kebutuhan pangan di Kabupaten Malang semuanya tidak ada yang melakukan penimbunan.

"Kami harap distributor tetap mematuhi dan mengikuti aturan perdagangan barang kebutuhan pangan yang telah ditetapkan Pemerintah. Jangan sampai ada tindakan pelanggaran yang bisa merugikan semuanya," pungkas Sutiyo. [yog/suf]

Tag : sembako

Komentar

?>