Minggu, 21 Oktober 2018

Masa Panen

Stok Beras Aman Selama Ramadan dan Lebaran

Kamis, 17 Mei 2018 10:17:12 WIB
Reporter : Misti P.
Stok Beras Aman Selama Ramadan dan Lebaran

Mojokerto (beritajatim.com) - Pelaku pasar memprediksi jika selama ramadan dan lebaran, stok beras masih aman. Pasalnya panen kedua akan dimulai pada Juni dan stok beras di Bulog masih aman hingga lebaran nanti.

Salah satu pemilik pabrik pengemasan beras, Hadi sulistio mengatakan, selama ramadan stok beras masih aman. "Sekarang masih biasa, tidak terlalu banyak. Masih ada stok 500 ribu ton, nanti panen kedua sampai ketiga agak banyak," ungkapnya, Kamis (17/5/2018).

Karena, pemilik harus harus menghadapi Januari, Februari dan Maret yang tidak ada panen sehingga harus dikeluarkan saat itu juga. Menurutnya, panen pertama rata-rata produksi beras kurang baik. dan panen pertama akan berakhir bulan Mei mendatang.

"Mulai Juni sudah ada panen kedua sehingga saya prediksi untuk hari raya tidak akan melonjak naik dan stok di Bulog banyak jadi sentimen pasarpun baik. Beras tahun ini banyak tapi produksi agak kurang baik. Kalau permainan saya pikir tidak ada, tapi hanya permintaan saja," katanya.

Sehingga, lanjut Hadi, yang pertama sentimen harus dijaga. Karena saat beras ada gejala kurang, masyarakat biasanya yang membeli satu sak, bisa beli sampai tiga sak. Sehingga hal tersebut yang membuat stok kurang dan harga menjadi naik.

"Seandainya masyarakat beli biasa tidak masalah, cukup kok. Karena stok nasional pas. Saya selalu kesulitan cari di Januari sampai Maret, biasanya saya bisa giling ratusan ton tapi tidak sampai 50 ton saat Januari Maret," ujarnya. [tin/suf]

Tag : beras

Komentar

?>