Kamis, 19 Juli 2018

Cek Harga Sembako, Kapolres Sidak ke Pasar, Ini Hasilnya

Rabu, 16 Mei 2018 15:00:15 WIB
Reporter : M Muthohar
Cek Harga Sembako, Kapolres Sidak ke Pasar, Ini Hasilnya

Tuban (beritajatim.com) - Guna memastikan dan melakukan pengecekan terhadap harga-harga kebutuhan pokok menjelang Bulan Ramadan, Kapolres Tuban langsung melakukan Sidak di pasar tradisional yang ada di wilayah Kabupaten Tuban, Rabu (16/5/2018).

Dari hasil pemeriksaan di Pasar Baru, Kabupaten Tuban itu pihak kepolisian menyatakan tidak adanya lonjakan kenaikan harga jelang bulan puasa ini. Bahkan sejumlah harga kebutuhan dapur ada yang mengalami penurunan harga dan sebagian besar masih tetap stabil.

Pantauan beritajatim.com di lapangan, kegiatan sidak tersebut dilakukan oleh AKBP Nanang Haryono, Kapolres Tuban beserta dengan jajaran pejabat utama di Polres Tuban. Selain itu, pihak kepolisian juga melibatkan Dinas Perdagangan Tuban dan juga Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban.

"Hari ini kita mengecek secara mendadak harga-harga kebutuhan pokok di pasar baru Tuban. Kita ingin tahu secara langsung bagaimana kondisi harga kebutuhan pokok menjelang bulan puasa ini," terang AKBP Nanang Haryono, Kapolres Tuban saat berada di pasar baru, jalan Gajah Mada, Kabupaten Tuban.

Dalam pemeriksaan, Kapolres Tuban itu langsung bertanya kepada para pedagang berbagai macam bahan kebutuhan pokok yang ada di pasar tersebut. Harga-harga kebutuhan pokok tersebut langsung dibandingkan dengan daftar harga dimiliki oleh pihak Disperindag Tuban.

"Kita lihat sendiri, seperti cabe rawit, telur, daging dan barang-barang yang lain masih normal. Bahkan ada harga-harga yang saat ini justru turun," tambahnya setelah kegiatan Sidak itu.

Diantara harga-harga kebutuhan pokok yang mengalami penurunan adalah minyak goreng curah, harga telur dan juga daging sapi. Sedangkan, meski masih terbilang normal, untuk harga daging ayam di pasar baru Tuban itu mengalami sedikit kenaikan dari yang sebelumnya Rp 30 ribu perkilogram saat ini menjadi Rp 32 ribu per kilonya.

"Semua harga masih terbilang terjangkau dan bisa dibeli oleh masyarakat. Kita akan turunkan tim untuk terus melakukan pengawasan harga kebutuhan pokok di pasar. Kalau nanti ada penimbunan yang bisa merugikan masyarakat dan membuat harga naik akan kita tindak tegas," tegas AKBP Nanang Haryono.

Selain melakukan pengecekan kondisi harga, pihak Polres Tuban juga memeriksa keberadaan makanan maupun barang-barang kemasan untuk mengetahui dalam keadaan kadaluwarsa atau tidak. Petugas juga menghimbau kepada para pedagang untuk memisahkan antara barang makanan dengan barang seperti sabun dan lainnya supaya tidak tercampur.[mut/kun]

Berita Terkait

    Komentar

    ?>