Rabu, 23 Mei 2018

Bos Baru Bank Indonesia Jember Punya PR Berat di Tahun Politik

Selasa, 24 April 2018 18:09:26 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Bos Baru Bank Indonesia Jember Punya PR Berat di Tahun Politik

Jember (beritajatim.com) - Pemimpin Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kabupaten Jember, Jawa Timur, Hestu Wibowo, punya pekerjaan rumah berat. BI Jember membawahi lima kabupaten, yakni Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, dan Lumajang.

Anggota Komisi XI DPR RI Muhamad Nur Purnamasidi mengatakan, BI punya tugas membantu pemerintah daerah untuk mengendalikan inflasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi. "Maka sangat tergantung bagaimana pejabat yang baru mampu membangun komunikasi dengan kepala daerah dan atau kepala daerah mau bekerjasama dengan perwakilan BI di Jember," katanya.

Khusus untuk Kabupaten Jember, Purnamasidi menilai, perlu ada ikhtiar untuk menarik investasi agar perekonomian tumbuh pesat. "Kalau kita mau mengendalikan inflasi dan memacu pertumbuhan ekonomi, harus ada investasi untuk menumbuhkan peluang kerja baru yang meningkatkan daya beli di masyarakat," katanya.

Sekarang tergantung kondusivitas sosial dan politik di Jember. "Investor pasti melihat hubungan antarlembaga di daerah tersebut apakah kondusif untuk dilakukan investasi atau tidak. Apalagi ada tantangan tahun politik. Sebagaimana kita ketahui hampir seluruh kepala daerah memiliki basis dari partai politik. Kearifan kepala daerah untuk menempatkan diri dan memfungsikan diri sebagai kepala daerah dan bukan lagi bagian dari partai politik dibutuhkan atau petugas partai," kata Purnamasidi.

Hestu menggantikan Achmad Bunyamin yang menjabat sejak medio 2013. Serah terima jabatan dipimpin Deputi Gubernur Bank Indonesia yang membidangi Departemen Pengelolaan Devisa, Departemen Pengembangan Pasar Keuangan, dan Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah, Dody Budi Waluyo, di aula Kantor BI Jember, Senin (23/4/2018) kemarin. [wir]

Komentar

?>