Rabu, 18 Juli 2018

Pelindo Gencar Sosialisasi Standar Pelayanan Jasa Kepelabuhanan

Sabtu, 14 April 2018 02:45:15 WIB
Reporter : Renni Susilawati
Pelindo Gencar Sosialisasi Standar Pelayanan Jasa Kepelabuhanan

Surabaya (beritajatim.com) - Langkah-langkah peningkatan layanan gencar dilakukan oleh Pelindo III. Salah satunya adalah melalui kegiatan sosialisasi standar pelayanan jasa kepelabuhanan yang diselenggarakan di Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Jumat (13/4/2018). Kegiatan berlangsung di Kantor Pelindo III Banjarmasin dan dihadiri oleh sejumlah perwakilan dari enam perusahaan pengguna jasa di Banjarmasin.

General Manager Pelabuhan Banjarmasin Recky Julius Uruilal menyampaikan bahwa proses bisnis akan berjalan dengan baik apabila ditunjang dengan adanya kemauan untuk mendengarkan pendapat dari para konsumen.

“Hal ini tentu akan mendongkrak kinerja perusahaan semakin tinggi,” katanya ketika ditemui di sela-sela kegiatan. Ia pun menambahkan, kemauan untuk mendengar aspirasi adalah bentuk kecakapan yang harus dimiliki setiap orang. “Pelanggan tentu mengharapkan adanya kemudahan dan standarisasi dalam pelayanan kepelabuhanan,” kata Recky Julius.

Senada dengan Recky, Plh. Manager Komersial dan Pelayanan Kapal Pelabuhan Banjarmasin Achmad Soleh mengungkapkan bahwa metode dialog antara Pelindo III dan pengguna jasa akan dilaksanakan secara reguler dan konsisten. “Hal ini perlu guna terselenggaranya pelayanan yang optimal bagi seluruh pengguna jasa,” kata pria yang akrab disapa Soleh ini.

Dalam kesempatan yang sama, salah seorang perwakilan PT Salam Pasific Indonesia Line, Moni, menyampaikan apresiasi atas langkah Pelindo III membuka diri terhadap performa pelayanannya. “Pengguna jasa, mitra kerja dan masyarakat dapat menyampaikan keluhan atas pelayanan yang diterima manakala menyalahi standar yang telah ditetapkan,” kata Moni. Ia pun berharap agar keluhan-keluhan tersebut dapat ditangani dengan baik oleh Pelindo III.

Sosialisasi standar pelayanan kepelabuhanan ini nantinya juga akan didokumentasikan dalam bentuk buku dan dibagikan kepada para stakeholder maupun para pengguna jasa. Sehingga, proses pelayanan yang berlangsung di lingkungan kerja Pelindo III dapat dipantau secara bersama dan transparan.

CSR Untuk Kemanusiaan
Tak hanya menekankan aspek operasional, Pelindo III pada kesempatan yang sama turut berkomitmen mendukung program kemanusiaan. Bekerja sama dengan PMI Banjarmasin dan PHC Banjarmasin, Pelindo III menyelenggarakan kegiatan donor darah serta pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis. Melalui kegiatan ini, sebanyak 80 kantong darah berhasil dikumpulkan.

Bagi Ketua RT 37 Kelurahan Telaga Biru Banjarmasin Syamsuri, program kemanusiaan Pelindo III menjadi ruang sosial bagi kelompok masyarakat yang dipimpinnya untuk turut membantu sesama. “Kami berharap, darah yang terkumpul dapat membantu mereka yang membutuhkan,” kata Syamsuri. Ia juga menambahkan, adanya pemeriksaan kesehatan secara gratis dapat bermanfaat bagi warga setempat dalam memperhatikan kesehatan diri dan lingkungannya.[rea/kun]

Tag : pelindo

Komentar

?>