Kamis, 13 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Koramil dan Petani Panen Padi Tadah Hujan di Gresik

Kamis, 22 Maret 2018 17:34:13 WIB
Reporter : Deni Ali Setiono
Koramil dan Petani Panen Padi Tadah Hujan di Gresik

Gresik (beritajatim.com) - Untuk pertama kalinya, Komandan Rayon Militer (Koramil) Kebomas dan petani Desa Kembangan melakukan panen raya sawah tadah hujan.

Salah satu petani yang melakukan panen adalah Ebit (56), warga Desa Kembangan. Lahan sawah miliknya yang mengandalkan tadah hujan mampu menghasilkan 3 ton padi.

"Saat panen saya terpaksa menyewa tenaga kuli sawah dari luar Gresik karena banyaknya padi yang dihasilkan," ujarnya, Kamis (22/03/2018).

Selain dibantu tenaga kuli sawah asal luar daerah. Beberapa anggota Babinsa Koramil Kebomas juga turut membantu memanen padi.

Danramil Kebomas Kapten Arh Sali menuturkan, anggotanya turun langsung ke lapangan yang sudah menjadi kewajibannya swasembada pangan dari pemerintah.

"Kami selalu mendampingi petani sejak mengolah sawah, tanam padi, basmi hama, memanen, bahkan hingga mengirim beras ke gudang Bulog," tuturnya.

Ia menambahkan, meski panen berada di pinggir kota. Namun, sikap gotong-royong masih terasa. Sehingga, anggota Koramil Kebomas beserta petani turun langsung.

"Padi yang kami panen ini beserta petani merupakan sawah tadah hujan. Jadi perlu perlakuan khusus," pungkasnya. [dny/but]

Tag : pertanian

Komentar

?>