Selasa, 11 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Produksi Emas Tumpang Pintu 142 Ribu oz

Sabtu, 17 Maret 2018 21:29:31 WIB
Reporter : Ainur Rohim
Produksi Emas Tumpang Pintu 142 Ribu oz
Manajemen PT BSI saat berkegiatan di Surabaya. [Foto: Air/bj.com]

Surabaya (beritajatim.com)--Pada tahun 2017 lalu, PT Bumi Suksesindo (BSI), anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk mampu memproduksi 142.468 oz emas dari lahan tambang Tumpang Pitu yang dikelolanya.

Hal itu dikatakan Dirut PT BSI, Adi Adriansyah Sjoekri kepada wartawan di Surabaya, beberapa hari lalu.

"Pada tahun 2018 ini, kita targetkan produksi emas dari tambang Tumpang Pitu Banyuwangi bisa mencapai 155 ribu sampai 170 ribu oz. Tentunya langkah efisiensi harus kita lakukan dalam proses produksi, sehingga endingnya kinerja korporasi lebih optimal," tambahnya.

PT BSI memegang konsesi dan atau izin pengelolaan lahan tambang emas Tumpang Pitu di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi Jatim. Lahan yang dikonsesikan hampir 5000 hektar. Dari luasan lahan sebesar itu, baru 605 hektar yang dimanfaatkan untuk aktifitas pengembangan dan operasi korporasi.

"Saat ini kami menambang sebanyak 3 pit. Pada 2018 direncanakan menjadi 5 pit," tambah Iwa, Environment Manager PT BSI.

Sjoekri mengutarakan, tahun 2017 menjadi momentum penting bagi kelangsungkan korporasi. Pasalnya, PT BSI mampu mewujudkan kapasitas penuh produksi emas di kuartal III 2017 setelah mengawali proses produksi pada awal Maret tahun yang sama.

"Yang membanggakan, prestasi kinerja ini melibatkan sebagian besar tenaga kerja domestik dan lokal setempat," katanya.

Saat ini, katanya, korporasi telah mempekerjakan sebanyak 1.811 orang. Dari jumlah pekerja sebanyak itu, sekitar 60 persen di antaranya berasal dari Kabupaten Banyuwangi, termasuk sekitar 38 persen di antaranya dari Kecamatan Pesanggaran. "Kita telah mencapai 5,9 juta jam kerja tanpa kecelakaan," tambahnya.

Selain itu, pola partnership baru antara PT BSI dengan Pemkab Banyuwangi dijalin dalam konteks operasi bisnis tambang Tumpang Pitu di Banyuwangi. Pemkab menjadi salah satu pemilik PT BSI melalui kepemilikan saham di PT Merdeka Copper Gold Tbk.

"Dari persentase kepemilikan saham 6,4 persen oleh Pemkab Banyuwangi, nilainya setara Rp 500 miliar. Saat awal kepemilikan, nilai sahamnya sekitar Rp 22 miliar. Jadi, kenaikannya luar biasa tinggi," tegas Sjoekri. [air]

Tag : emas

Komentar

?>