Selasa, 11 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Stok Garam Menipis, Pemerintah Diminta Siapkan Solusi

Sabtu, 10 Maret 2018 11:26:53 WIB
Reporter : Hendra Brata
Stok Garam Menipis, Pemerintah Diminta Siapkan Solusi

Jakarta (beritajatim.com) - Stok garam dalam Negeri sebagai bahan baku industri semakin menipis. Hal ini disebabkan meningkatnya permintaan dari industri makanan dan minuman.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo pun mengingatkan pemerintah untuk segera mengambil langkah jalan keluar menghindari kelangkaan garam. Menurutnya, pemerintah harus segera melakukan pengembangan teknologi guna meningkatkan produksi garam di Indonesia dan memberi kemudahan bagi para petani garam dalam memproduksi garam, agar tidak selalu bergantung pada impor garam.

''Saya juga meminta Komisi IV DPR mendorong Kementerian Pertanian untuk mempermudah proses dan percepatan industri garam nasional,'' kata Bamsoet, sapaan Bambang, Sabtu (10/3).

Salah satu di antaranya dengan membuka area yang potensial untuk peningkatan produksi garam dalam Negeri. Mengingat hingga saat ini kebutuhan industri makanan dan minuman untuk garam industri mencapai 535 ribu ton.

Politikus Partai Golkar ini juga meminta Kementerian Perdagangan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk segera melakukan rapat bersama guna mencari solusi, baik jangka pendek maupun jangka panjang terhadap tipisnya stok garam sebagai bahan baku industri.

''Apalagi saat ini beberapa industri makanan dan minuman terancam harus berhenti beroperasi,'' tegas Bamsoet. [hen/but]

Tag : garam

Komentar

?>