Rabu, 19 September 2018

Tol Kartasura-Sragen Ditargetkan Operasional April 2018

Kamis, 08 Maret 2018 08:40:17 WIB
Reporter : Hendra Brata
Tol Kartasura-Sragen Ditargetkan Operasional April 2018

Jakarta (beritajatim.com) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan pada masa arus mudik 2018, sebagian ruas Tol Solo-Ngawi akan operasional dan sebagian dapat dilewati dengan status fungsional.

"Kami optimis arus mudik tahun ini bisa lebih baik dari tahun lalu," jelas Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seperti dalam pernyataan tertulisnya yang diterima kemarin.

Pembangunan Tol Solo-Ngawi sepanjang 90,25 km, menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Pemerintah memberikan dukungan pembangunan konstruksi Seksi I dan II yakni dari Kartasura -Karanganyar sepanjang 20,9 km dan untuk Seksi III dan IV dari Karanganyar hingga Ngawi sepanjang 69,35 km dibiayai dari investasi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Solo Ngawi Jaya (PT. SNJ).

Saat ini konstruksi yang menjadi porsi Pemerintah sudah selesai 100 persen, sementara yang dikerjakan oleh PT. SNJ sudah mencapai 85 persen. Ditargetkan pada April 2018, ruas Kartasura hingga Sragen bisa dioperasikan. Sementara Sragen hingga Simpang Susun Ngawi tetap dapat dilalui pemudik secara fungsional.

Untuk Tol Ngawi-Kertosono yang memiliki total panjang 87,02 km, sebagian akan diresmikan untuk beroperasi dalam waktu dekat ini yakni ruas Ngawi hingga Wilangan sepanjang 49,8 km yang dikerjakan oleh PT. Ngawi Kertosono Jaya (PT. NKJ). Pembangunan Tol ini juga menggunakan skema KPBU, dimana Pemerintah memberikan dukungan konstruksi sepanjang 37,51 km.

PT. SNJ dan PT. NKJ merupakan perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh PT. Jasamarga sebagai mayoritas dan PT. Waskita Toll Road.

Dengan dioperasikannya sebagian Tol Solo-Ngawi dan Ngawi Kertosono maka jalur Semarang hingga Surabaya akan semakin lancar karena sebelumnya dua ruas tol yakni Tol Mojokerto-Kertosono dan Surabaya-Mojokerto juga sudah beroperasi. [hen/suf]

Tag : jalan tol

Komentar

?>