Sabtu, 24 Februari 2018

Tangkap Tikus, Petani Dapat Hadiah Rp 5 Ribu per Ekor

Rabu, 14 Februari 2018 01:36:00 WIB
Reporter : Pramita Kusumaningrum
Tangkap Tikus, Petani Dapat Hadiah Rp 5 Ribu per Ekor

Ponorogo (beritajatim.com) - Hama tikus kembali meresahkan petani di Desa Bringinan, Kecamatan Kambing, Kabupaten Ponorogo. Bahkan dua pekan ini, ratusan petani tak bisa tidur memikirkan akan gagal panen.

Bagaimana tidak, tikus yang menyerang lahan pertanian di Desa Bringinan seperti kelinci berukuran kecil. Tiap hari, hewan pengerat itu merusak lahan pertanian warga.

Karena itu, 300 petani di Desa Bringinan melakukan 'gropyokan' tikus. Yakni mengusir tikus secara bersamaan. Namun yang menarik, acara berburu tikus itu dilombakan.

Sebanyak 300 petani dibagi menjadi 30 kelompok, per kelompok ada 10 orang. Mereka dipisah untuk mencari hama tikus yang meresahkan.

Dengan peralatan pertanian, obat tikus dll, semua petani terlihat siap berperang. "Latar belakangnya memang ada keresahan dari petani," kata Kepala Desa Bringinan, Barno, Selasa (13/2/3018).

Dia menjelaskan, selama dua pekan ini, 88 Hektar lahan pertanian diserang hama tikus. Tak tanggung-tanggung, tikusnya sebesar kelinci.

"Akhirnya saya lombakan. Kalau dicari bersama kan biasanya banyak tuh yang nangkap," tambah Barno.

Dia pun sudah menyiapkan hadiah bagi petani yang mendapat tikus. Yakni, jika dalam keadaan hidup mendapat uang tunai sebesar Rp 5.000. Namun jika tikus mati hanya Rp 2.500.

Menariknya, hadiah berupa uang tunai tersebut tidak hanya berlaku hari ini. "Berlaku selamanya. Jika memang besok ketemu tikus dan bisa mengantarkan ke saya ya saya kasih lagi," pungkasnya. [mit/suf]

Tag : pertanian

Komentar

?>