Minggu, 24 Juni 2018

Penerbangan Perintis ke Pulau Pagerungan Tunggu Kementerian Keuangan

Kamis, 08 Februari 2018 21:07:06 WIB
Reporter : Temmy P.
Penerbangan Perintis ke Pulau Pagerungan Tunggu Kementerian Keuangan

Sumenep (beritajatim.com) - Penerbangan perintis ke sejumlah rute dari Sumenep (Bandara Trunojoyo) maupun Surabaya (Bandara Juanda) telah dibuka sejak 25 Januari 2018.

"Yang sudah jalan itu untuk rute Sumenep - Bawean, Surabaya - Bawean, Surabaya - Karimunjawa, dan sebaliknya. Yang belum terlaksana tinggal satu rute, yakni Sumenep - Pulau Pagerungan," kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo, Wahyu Siswoyo, Kamis (08/02/2018).

Penerbangan perintis untuk 2018 dilayani oleh maskapai penerbangan yang sama seperti di tahun 2017, yakni Air Fast Indonesia. Pesawat yang digunakan adalah Twin Otter dengan kapasitas 12 penumpang.

"Untuk rute Sumenep - Pulau Pagerungan, masih menunggu surat dari Kementerian Keuangan terkait pemanfaatan bandara SKK migas yang dikelola Kangean Energy Indonesia. Kalau ijin dari Kementerian Perhubungan sudah selesai," terang Wahyu.

Ia menjelaskan, dalam minggu ini akan dilakukan sinkronsasi dengan pihak-pihak terkait, untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada.

"Kalau dari sisi teknis disini sudah tidak ada masalah. Tinggal mengetahui kondisi bandara di Pagerungan. Karena itu, dalam waktu dekat akan dilakukan 'proving filght' atau terbang percobaan," ujarnya.

Menurutnya, setelah pelaksanaan 'proving flight', baru bisa dievaluasi kondisi bandara di Pagerungan. Salah satunya apakah membutuhkan terminal penumpang atau tidak.

"Terminal penumpang di Bandara Pagerungan kan belum ada. Nah nanti kami lakukan sinkronisasi. Perlu terminal apa tidak. Kalaupun harus ada terminal kan tidak perlu besar, yang penting bisa untuk 12 penumpang," terangnya.

Penerbangan perintis dengan rute Sumenep - Pulau Pagerungan merupakan rute baru tahun 2018, yang merupakan pengalihan rute Sumenep - Surabaya pasca dibukanya penerbangan komersil di jalur tersebut.

"Kami berharap rute baru Sumenep - Pulau Pagerungan segera terealisasi, supaya menjadi alternatif sarana transportasi bagi warga kepulauan," ungkapnya. [tem/but]

Komentar

?>