Jum'at, 22 Juni 2018

Bikin Tumpeng Tahu Setinggi 20 Meter, Ini Cara Kediri Populerkan Tahu Kuning

Minggu, 31 Desember 2017 19:35:00 WIB
Reporter : Nanang Masyhari
  • Bikin Tumpeng Tahu Setinggi  20 Meter, Ini Cara Kediri Populerkan Tahu Kuning
  • Bikin Tumpeng Tahu Setinggi  20 Meter, Ini Cara Kediri Populerkan Tahu Kuning
Tumpeng tahu kuning. [Foto: Nanang/bj.com]

Kediri (beritajatim.com)-- Ribuan warga Kabupaten Kediri dan sekitarnya menyerbu tasyakuran para pelaku UMKM Se-Kabupaten Kediri di kawasan Monumen Simpang Lima Gumul. Mereka antrean mendapatkan tahu kuning gratis.

Pada acara syukuran ini, panitia membuat gunungan raksasa. Gunungan ini terbuat dadi tahu kuning khas Kediri. Jumlahnya mencapai 21 ribu biji tahu hasil produksi Kabupaten Kediri yang dipelopori para UMKM di daerah ini.

Gunungan tahu raksasa ini tingginya kurang lebih 20 meter. Gunungan diletakkan di jalan kawasan SLG Kabupaten Kediri. Petugas menjaganya secara berkeliling dan memasang pagar.

Tetapi sejak pagi hari masyarakat sudah datang untuk mengantre. Setelah acara syukuran dilaksanakan, kemudian panitia membagikan tahu itu secara gratis. Dalam pembagian ini, panitia melempar tahu ke masyarakat hingga terjadi aksi saling rebut.

"Dengan kegiatan ini, saya berharap tahu kuning sebagai produk untuk asli Kabupaten Kediri supaya bisa dilihat, dinikmati dan juga bisa menjadikan icon yang nantinya Kabupaten Kediri lebih dikenal lagi, bukan hanya dari segi pariwisata dan budayanya saja, tapi juga hasil produksi dari para UMKM, utamanya tahu kuning," kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri di Suwignyo, Minggu (31/12/2017).

Menurut Wignyo, persiapan acara ini sudah dilakukam Sejak satu minggu lalu. Pihak sudah menyebar untuk pembuatan tahu kuning yaitu dari Kecamatan Ngasem sebagai tuan rumah, Kecamatan Banyakan, Ngadiluwih, Mojo, Plosoklaten, Ngancar dan Ringinrejo.

"Dengan adanya tumpeng tahu kuning raksasa ini saya berharap semuanya bisa merasakan dan makan tahu kuning yang lezat, enak dan bergizi. Di samping itu, juga bisa sebagai icon Kabupaten Kediri, harapannya untuk tahun depan bisa kita laksanakan lagi”, tambahnya.

Warga tampak antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka mengaku senang, karena sepulang dari acara bisa menikmati lezatnya tahu kuning dengan keluarga di rumah. Ada yang berencana menggorengnya ada yang memasaknya menjadi sayur sebagai lauk pauk. [nng/air]

Tag : tahu kuning

Berita Terkait

    Komentar

    ?>