Rabu, 22 Nopember 2017

Menteri BUMN Tanam Tebu di Lahan Depan Bandara Jember

Rabu, 15 Nopember 2017 15:07:44 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Menteri BUMN Tanam Tebu di Lahan Depan Bandara Jember

Jember (beritajatim.com) - Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Mariani Soemarno membuka acara 'Pencanangan Peningkatan Produktivitas Tanaman Tebu: Sinergi BUMN untuk Mewujudkan Swasembada Gula yang Berdaya Saing', di lahan tebu PT Perkebunan Nusantara XII, Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (15/11/2017).

Acara pencanangan ini digelar tepat di lahan milik PTPN XII seluas 24 hektare, di depan pintu masuk Bandara Notohadinegoro. Selain dihadiri perwakilan petani, acara juga dihadiri jajaran direksi BUMN perkebunan, PT Petrokimia, dan BUMN perbankan. Wakil Bupati Jember Abdul Muqit Arief dan Ketua Umum Dewan Pembina Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia Arum Sabil mendampingi Rini yang secara simbolis menanam bibit tebu di lahan tersebut.

Dalam pidato sambutannya, Rini mengatakan, perlu ada peningkatan produksi tanaman tebu secara menyeluruh. Ia senang hari ini ada penandatanganan kerjasama petani, BUMN perkebunan, BUMN pupuk, dan BUMN perbankan. "Tujuannya bagaimana kualitas tanaman tebu ini ditingkatkan. Selain itu, bagaimana meningkatkan kualitas tanaman tebu tebu, kita harus memikirkan bagaimana para petani itu mendapatkan modal kerja. Alhamdulillah, bank-bank negara, BNI, BRI, dan Mandiri bisa memberikan modal kerja kepada petani dengan avalis PTPN," katanya.

"Ini tentu program yang sangat baik. Alhamdulillah sekarang pupuk non subsidi juga sudah tersedia di seluruh Jawa Timur. Semoga ini betul-betul bisa membantu, karena saya sangat menyadari bahwa pupuk sangat dibutuhkan dan harus tersedia saat penanaman. Jadi semoga program sinergi antara petani, PTPN, BUMN pupuk maupun perbankan dapat meningkatkan pendapatan petani, sehingga target swasembada gula bisa terjadi," kata Rini. [wir/kun]

Tag : gula

Komentar

?>