Rabu, 22 Nopember 2017

Industri Kreatif Sumbang Pendapatan Rp 640 Triliun

Minggu, 05 Nopember 2017 14:00:19 WIB
Reporter : Lucky Aditya Ramadhan
Industri Kreatif Sumbang Pendapatan Rp 640 Triliun
Industri kreatif memiliki peran strategis di masa depan. [Foto: lucky/bj.com]

Malang (beritajatim.com)--Direktur Industri Kecil dan Menengah, Logam, Mesin Elektronika dan Alat Angkut Kementerian Perindustrian, Endang Suartini, menyebut hingga tahun 2019 mendatang, ditargetkan ada 20 ribu industri kreatif baru tumbuh di Indonesia.

Menurut Endang, industri kreatif berperan besar dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Saat ini, pemerintah terus mendorong pertumbuhan industri kreatif.

"Di tahun 2015, sebanyak Rp 640 triliun pendapatan negara berasal dari industri kreatif, di mana 34 persennya dari sektor kuliner, 27 persen dari sektor fashion, 15 persen dari sektor kerajinan, sisanya dari sektor lain," kata Endang di Malang, Minggu (5/11/2017).

Pemerintah berharap industri kreatif baru segera melakukan pengurusan legalitasnya. Sebab, adanya legalitas membantu pemerintah dalam memberikan bantuan, khususnya dari sisi promosi.

"Pemerintah daerah harus membantu dan memberikan pendampingan bagi IKM yang belum punya izin usaha. Kami menyambut baik kegiatan seperti Festival Mbois II yang digelar di Kota Malang," ucap Endang.

Rochim, salah satu pelaku industri keramik Kota Malang, mengaku senang dengan kegiatan seperti Festival Mbois karena mempunyai peran penting bagi IKM yang selama ini dijalaninya.

"Saya kira pameran bisa mengangkat perajin seperti kami, beruntung saat ini keramik masih diminati, bahkan hingga luar negeri seperti Filipina, Malaysia, hingga Thailand," ujar Rochim.

"Kalau soal kendala mungkin, permodalan dan bahan baku selama ini coba kami atasi sendiri, pemerintah hanya bantu masalah promosi," tandasnya. [air/luc]

Tag : ukm

Komentar

?>