Rabu, 22 Nopember 2017

Jamu Iboe Bangun Taman Toga di RSUD Dr Soetomo Surabaya

Sabtu, 28 Oktober 2017 19:41:56 WIB
Reporter : Renni Susilawati
Jamu Iboe Bangun Taman Toga  di RSUD Dr Soetomo Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo meresmikan lima taman baru di lingkungan rumah sakit milik Pemprov Jawa Timur tersebut.

Kelima taman tersebut adalah Taman Toga Medika, Taman Bermain Kirana, Taman Kirana, Taman Balita dan Hospital Schooling.

Peresmian dilakukan Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Provinsi Jawa Timur sekaligus Ibu Paliatif Indonesia, Dra. Hj. Nina Soekarwo, MSi bertepatan dengan Hari Paliatif Sedunia, Jumat (13/10/2017) lalu.

Nina Soekarwo menuturkan, pihaknya berkomitmen meningkatkan pendampingan pada anak-anak, ketersediaan perawatan rumah, kesadaran dan pemahaman kebutuhan dalam pelayanan medis, mengumpulkan dana, mendukung dan mengembangkan layanan rumah paliatif.

“Kami mengapresiasi inisiatif RSUD Dr Soetomo bersama dengan beberapa perusahaan yang telah membuat taman hijau dan lahan bermain untuk pasien. Sangat bermanfaat untuk mendukung perawatan paliatif,”  jelasnya di sela Peringatan Hari Paliatif Dunia dan peresmian beberapa taman, salah satunya adalah Taman Toga Medika dari Jamu Iboe di Poli Obat Tradisional RSUD Dr. Soetomo-Surabaya.

Dalam kesempatan itu Nina Soekarwo berharap masyarakat lebih peduli dalam menjaga kesehatan, dengan menerapkan pola hidup sehat. Dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan masyarakat. 

“Penderita kanker jangan putus asa, tetap sabar dan semangat menjalani perawatan. Kalian tidak sendiri, kami ada bersama kalian,” kata dia.

Menurut Nina Soekarwo, para penderita kanker ini tidak hanya membutuhkan obat saja, tetapi juga supporting berupa lingkungan yang mendukung seperti taman toga, ada pula taman bermain, hospital schooling, dan lain-lain.

Pengobatan dan perawatan penyakit kanker membutuhkan waktu yang lama. Beberapa pasien ada yang sampai tidak bisa sekolah dan tidak bisa kembali bekerja.

Oleh karena itu, salah satu bentuk kepedulian sosial dari PT Jamu IBOE Jaya adalah dengan memberikan support berupa Taman Toga Medika yang posisinya berada di belakang Poli Obat Tradisional RSUD Dr. Sutomo, Surabaya.

Dirut Jamu IBOE, Stephen Walla mengatakan, di taman Toga Medika Jamu IBOE tersedia sekitar 70 jenis tanaman obat dengan berbagai macam manfaat yang telah dilengkapi dengan keterangan nama tanaman obat beserta khasiatnya. "Ini kami lakukan agar pasien di rumah sakit ini bisa mengenal lebih dekat dengan tanaman obat, beberapa adalah tanaman yang berkhasiat untuk kanker, seperti kunir putih, temulawak, mengkudu, sirsak, dan lain-lain," tukasnya.

Sementara itu Dr. dr.Hendrian D. Soebagio, Sp.M (K) selaku wakil Direktur Penunjang Medik RSUD Dr Soetomo mengatakan, selain di harapkan bisa menjadi media untuk belajar tentang berbagai macam tanaman toga, taman tersebut juga bisa menjadi tempat untuk refreshing bagi para pasien.

"Tak hanya itu, taman ini juga menjadi salah satu aspek pendukung keberhasilan pengobatan (Psikoneuroimunologi) agar pasien bisa lebih rilex sehingga kekebalan tubuh bisa meningkat dan mempercepat proses penyembuhan," tutupnya.[rea/ted]

Tag : jamu iboe

Komentar

?>