Sabtu, 18 Nopember 2017

PT INKA Buka Peluang Ribuan Tenaga Kerja di Banyuwangi

Sabtu, 21 Oktober 2017 21:54:49 WIB
Reporter : Rindi Suwito
PT INKA Buka Peluang Ribuan Tenaga Kerja di Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) - Rencana PT INKA mendirikan industri kereta api di Banyuwangi bakal memberi dampak positif bagi warga. Salah satunya membuka peluang kerja baru bagi warga Bumi Blambangan.

Direktur keuangan dan SDM PT INKA, Mohamad Nur Sodiq memproyeksikan, industri kereta api di Banyuwangi mampu menyerap hingga 1000 tenaga kerja. Dia berharap Kebutuhan tenaga kerja tersebut dapat terpenuhi dari sekolah vokasi yang ada di Banyuwangi.

“Tenaga kerja perkeretaapian memang membutuhkan spesialisasi khusus. Selama ini untuk memenuhi tenaga kerja di Madiun saja kekurangan," jelas Sodiq saat berada di Banyuwangi, Sabtu (21/10/2017)

Bahkan dia berharap kedepannya Banyuwangi bisa membangun SMK Kereta Api selain SMK Perkapalan yang sudah ada sekarang. "Maka kami akan bekerjasama dengan SMK yang ada di Banyuwangi untuk bisa mensuplai tenaga kerja bagi INKA,” ungkap Sodiq.

Sementara itu Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko menyambut baik rencana pembangunan pabrik baru PT INKA. Pemerintah daerah akan memberikan support yang dibutuhkan oleh PT INKA untuk kelancaran pembangunan industri tersebut.

“Kami sangat senang Banyuwangi bisa menjadi lokasi pembangunan pabrik PT INKA. Apalagi industri ini akan menyerap banyak tenaga kerja putra putri daerah lulusan SMK, tentunya dengan dibekali keahlian khusus. KAmi berharap segala sesuatunya bisa berjalan dengan lancar,” pungkas Wabup Yusuf.

Rencana PT INKA membangun industri kereta api tersebut di lahan milik BUMN di wilayah Kalipuro. Nilai investasi pembangunan industri ini mencapai Rp. 600 milyar.

Sementara, progres pembangunan akan dimulai bulan Maret 2018, ditargetkan akan mulai beroperasi pada semester dua tahun 2019. Nantinya pabrik yang dibangun di Banyuwangi tersebut akan dijadikan pabrik kereta berbahan dasar stainless steel dan aluminium. [rin/but]

Tag : kereta api

Komentar

?>