Jum'at, 15 Desember 2017

Agar Pelaku Ekonomi Kreatif Sukses, Ini Tips Fiki C. Satari

Jum'at, 13 Oktober 2017 01:28:35 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Agar Pelaku Ekonomi Kreatif Sukses, Ini Tips Fiki C. Satari

Surabaya (beritajatim.com) - Ketua Indonesia Creative Cities Network (ICCN), Fiki C. Satari menegaskan, agar ekonomi kreatif masa depan sukses di seluruh perkotaan Indonesia dan mampu bersaing di era globalisasi, kuncinya adalah semua elemen harus berkolaborasi.

Penegasan itu diutarakan Ketua Karang Taruna Kota Bandung dalam Kegiatan Surabaya Creative Network (SCN) Creative Week yang digelar Bekraf Creative Labs bekerjasama dengan pemerintah kota Surabaya serta Intitut TeknoIogi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, C2O Library dan Graha Wismilak.

"Pada gilirannya nanti, sebuah kota bisa terus berkembang karena ekonomi kreatif yang dihasilkan. Saya tegaskan untuk memperkuat itu, seluruh pelakunya wajib mau berkolaborasi, jika itu sudah diterapkan pasti bisa bermanfaat bagi masyarakat luas," tutur Fiki saat menjadi pembicara pada, Creative Network City Talk betema Collaborative City, di Graha Wismilak, Surabaya, Kamis (12/10/2017).

Ia menuturkan, selain itu masih ada lima hal penting yang wajib dilakukan oleh para pemula maupun mereka yang bergerak di bidang ekonomi kreatif. "Ada 5 hal penting yang perlu dipahami masyarakat untuk sukses dan berhasilnya ekonomi kreatif. Diantaranya, keterlibatan akademisi menjadi hal pertama yang wajib dilakukan agar ekonomi kreatif punya tujuan jelas dan tidak merugikan masyarakat," tuturnya.

Kedua, tambahnya, sektor bisnis yang ada harus pro-kerakyatan, ini berkaitan dalam rangka untuk menghidupkan ekonomi kerakyatan atau dalam wujud nyatanya adalah unit usaha kecil menengah (UKM) yang saat ini sedang digalakkan pemerintah sebagai bagian pemberdayaan masyarakat.

"Yang ketiga, pemberdayaan komunitas. Masyarakat saat ini memiliki berbagai komunitas yang dengan mudah dibentuk sebagai bagian untuk pemberdayaan dan aktualisasi," urainya.

Sementara yang Keempat, adalah pemangku kekuasaan, dalam hal ini pemerintah tetap harus terlibat agar ada jaminan ekonomi kreatif tidak bertentangan dengan kebijakan pemerintah. "Yang kelima, media. Pada era sekarang ini, media punya peran penting menginformasikan banyak hal termasuk ekonomi kreatif. Khususnya media mainstream, punya kekuatan menginformasikan banyak hal tentang keberhasilan atau kesuksesan sebuah usaha kreatif," tegas Fiki.

Sedangkan bagi pelaku ekonomi kreatif, lanjut Fiki, dengan melakukan kolaborasi akan banyak manfaat atau keuntungan yang bisa diraih. "Paling tidak mereka berkolaborasi untuk saling menginformasikan apa saja yang bisa dihadapi dan dicarikan solusi bersama," ujar Fiki.

Ia menegaskan bahwa kelima hal itu tidak berguna, jika semua pihak tidak mau berkolaborasi. "Jadi kolaborasi itu adalah kunci untuk keberhasilan ekonomi kreatif saat ini dan masa depan," pungkas Fiki. [ito/suf]

Tag : perekonomian

Komentar

?>