Selasa, 24 Oktober 2017

Genjot Kualitas, Pasukan Elit PLN Berkumpul di Pasuruan

Rabu, 11 Oktober 2017 23:49:36 WIB
Reporter : Renni Susilawati
Genjot Kualitas, Pasukan Elit PLN Berkumpul di Pasuruan

Pasuruan (beritajatim.com) – Dengan berkembangnya kebutuhan serta ekspektasi masyarakat terkait dengan pelayanan listrik yang handal alias tidak ada pemadaman, maka “pasukan elit” ini pun akan terus ditingkatkan kualitasnya baik secara kuantitas, kesiapan peralatan berdasarkan teknologi terkini serta kompetensi personelnya.

Sebanyak 21 regu PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) dengan total 155 pegawai PDKB berkumpul di Rest Area "Bang Kodir" Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan untuk melaksanakan 'Gelar Pasukan PDKB 2017'. Agenda khusus hari itu adalah melaksanakan kegiatan peremajaan Aset Jaringan Tegangan Menengah (Preventif Maintenance) di beberapa lokasi di Kabupaten Pasuruan, yakni Kawasan Industri PIER dan di kecamatan Bangil.

Kegiatan ini berfokus pada daerah-daerah vital dimana pemadaman untuk pemeliharaan aset merupakan hal yang sangat sulit untuk dijadwalkan. Acara dimulai dengan apel pagi dan dilanjutkan dengan seremoni pemakaian rompi serta helm APD.

Anang Saiful Wijaya, SH, MM. Alam Awaludin, Manajer Distribusi, menyatakan pasukan PDKB sebagai "penyelamat" di tengah semangat untuk meningkatkan penjualan listrik. "Dengan melaksanakan aktivitas di jaringan bertegangan tanpa memadamkan aliran listrik maka akan dapat memberikan kesempatan PLN untuk dapat menjual listrik kepada pelanggan," ungkapnya.

Anang menambahkan, PDKB di Pasuruan ini merupakan wujud keinginan masyarakat Pasuruan terhadap pelayanan PLN. "Kami bersyukur bahwa PLN benar-benar menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan, serta menjadi pendorong kegiatan ekonomi bagi masyarakat," ungkapnya.

Pasukan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) PLN yang terbentuk pada 1994 merupakan regu yang memiliki personel dengan keahlian khusus dan ditunjang dengan peralatan kerja khusus sehingga dapat melaksanakan pekerjaan dalam keadaan bertegangan atau dengan kata lain tanpa memadamkan pelanggan. Saat ini PLN Distribusi Jawa Timur memiliki 5 regu PDKB Sentuh Langsung dan 16 regu PDKB Berjarak.

Program 35000 MW yang dicanangkan oleh PLN bukan main-main, keahlian khusus yang dimiliki PDKB diharapkan mampu mendukung terlaksananya program tersebut. Harapan PLN pada PDKB ini bukan tanpa dasar, hal ini dikarenakan lingkup kerja PDKB juga berupa Corrective, maintenance, serta mendukung terwujudnya layanan Pasang Baru dan Perubahan Daya. [rea/suf]

Tag : pln

Komentar

?>