Selasa, 24 Oktober 2017

Meriahnya Festival Kopi Semeru Lumajang

Minggu, 08 Oktober 2017 12:44:42 WIB
Reporter : Harry Purwanto
Meriahnya Festival Kopi Semeru Lumajang

Lumajang (beritajatim.com) - Festival Kopi Semeru Lumajang 2017 di Alun-alun Kota Lumajang menjadi serbuan masyarakat untuk mengetahui racikan dan aroma khas Kopi Semeru.

Ribuan warga yang olah raga pagi di Pusat Kota Pisang ini langsung menyerbu arena para peracik dan penjual kopi Khas Lumajang, Minggu(8/10/2017).

Sebanyak 49 penjual kopi, peracik dan pemilik warung menyajikan ke Khasan dari bergumul dengan kopi. Bahkan para Barista juga menunjukan kemampuan meracik dan bercerita bagaimana mengenal kopi Lereng Semeru.

"Kopi Semeru sudah lama dikenal dengan sebutan Javanese Coffee, bahkan citra rasanya luar biasa karena berada di kaki Gunung tertinggi dipulau Jawa," ujar Robert, salah satu petani sekaligus pedagang Kopi.

Bagi dia, Kopi yang diolahnya melalui perawatan khusus mulai menanamkan, pangkas, panen, pengeringan, fermentasi, penggorengan hingga jadi bubuk kopi. "Banyak orang yang tahu kopi beli dalam bentuk biji, tanpa tahu seperti apa menanam dan merawatnya," jelasnya.

Fariz salah satu pengunjung mengaku sangat senang bisa mengetahui para peracik kopi di Kotanya. Pasalnya, banyak cara yang dilakukan untuk disajikan pada pembeli.

"Berbagai macam cara menyajikan kopi dan menikmati, luar biasa sekali," paparnya.

Susanti pengunjung lainya, mengaku mendapat banyak referensi soal kopi dan peracikan dilakukan para Barista. Sehingga, menikmati kopi bukan sekedar meminum saja.

"Bahkan, kopi banyak sekali manfaatnya, baik bagi petani, penjual kopi dan penikmatnya," paparnya. (har/ted)

Berita Terkait

    Komentar

    ?>