Minggu, 21 Januari 2018

Ekonomi Syariah Bisa Dukung Bisnis Hidroponik

Minggu, 08 Oktober 2017 10:32:28 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
 Ekonomi Syariah Bisa Dukung Bisnis Hidroponik

Jember (beritajatim.com) - Ketua Generasi Muda Hidroponik Ahmad Zaini mendukung pengembangan budidaya tanaman hidroponik di kalangan pelajar dan santri. Ini bisa jadi alternatif kegiatan bisnis yang dikembangkan setelah mereka lulus.

"Tidak semua (santri dan pelajar) setelah lulus akan masuk ke perguruan tinggi, karena mungkin terkendala biaya," kata Zaini. GMH adalah salah satu kelompok binaan Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kabupaten Jember, Jawa Timur, yang menyosialasikan hidroponik untuk masyarakat pondok pesantren sebagai rangkaian dari ‘Road to Indonesia Shari'ah Economic Festival (ISEF) 2017’ bulan ini.

Selama ini hidroponik juga cocok dibudidayakan masyarakat kelas menengah ke bawah untuk menambah pendapatan ekonomi keluarga. Jadi Zaini berharap, pengetahuan soal hidroponik tersebut akan ditularkan para siswa dan santri kepada orang tua masing-masing.

Pondok pesantren memiliki potensi besar untuk pengembangan hidroponik, dan beberapa di antaranya sudah melakukannya. Zaini berencana melakukan pengembangan di Kabupaten Situbondo.

Zaini berharap perekonomian syariah bisa mendukung bisnis hidroponik. Dengan sistem bagi hasil dalam ekonomi syariah, pelaku bisnis hidroponik bisa berkembang lebih pesat. "Saat ini kami sudah punya 10 ribu titik tanam, dengan green house alakadarnya," katanya. [wir/ted]

Tag : ekonomi

Komentar

?>