Jum'at, 20 Oktober 2017

Ini Kendala Investasi Bagi Investor China

Senin, 25 September 2017 08:53:10 WIB
Reporter : -
Ini Kendala Investasi Bagi Investor China

Jakarta (beritajatim.com) - Perusahaan asal China, China Communications Construction Company Ltd. (CCCC), mengaku kerap mengalami kendala ketika berinvestasi dalam proyek infrastruktur di Indonesia.

Dikatakan Vice President CCCC International Pen Dapeng, kendala itu berupa pembebasan lahan dan pergantian direksi. "Tantangan utama adalah pembebasan lahan. Contohnya jalan tol Kualanamu-Binjai yang hanya berjarak 19 kilometer tetapi waktu pengerjaannya tujuh tahun, normalnya kita bisa kerjakan dalam dua tahun kalau tidak ada kendala pembebasan lahan," tutur Dapeng, Jumat (22/9/2017) waktu Beijing.

Selanjutnya, kata dia, sering bergantinya kepala atau pejabat BUMN yang memimpin proyek, sehingga membuat waktu pembahasan dan negosiasi kontrak menjadi molor.

Dia mencontohkan, dari 28 masterplan pembangunan pelabuhan, belum ada satupun yang diterima pemerintah lantaran pimpinan PT Pelindo kerap berganti selama dua tahun terakhir.

"Akan sangat mudah bagi investor untuk berubah pikiran kalau pejabatnya sering sekali berganti, apalagi kami sudah menghabiskan lebih dari US$5 juta untuk studi kelayakan proyek-proyek ini," tutur Dapeng.

Saat ini, CCCC telah mengerjakan beberapa proyek penting seperti jembatan Hong Kong-Zhuhai-Macau, rel kereta api Mombasa-Nairobi, bandara internasional Macau, apartemen dan kondominium "The Grand" di Los Angeles, serta derek kontainer di Pelabuhan Hamburg. [inilah.com]

Tag : investasi

Komentar

?>