Jum'at, 15 Desember 2017

Kopi Pasuruan Diharapkan Miliki Cita Rasa Khas

Minggu, 24 September 2017 23:56:33 WIB
Reporter : Shohibul Hujjah
Kopi Pasuruan Diharapkan Miliki Cita Rasa Khas

Pasuruan (beritajatim.com) - Dengan adanya potensi Kopi Pasuruan yang memiliki luasan lahan mencapai 4.362 hektar (ha), tentunya menjadi salah satu komoditas yang bisa mengangkat kesejahteraan petani yang ada di wilayah setempat. Sehingga agar mampu bersaing di pasaran dunia, kopi Pasuruan diharapkan jadi kopi specialty yang memiliki cita rasa yang khas.

"Potensi Kopi Pasuruan yang dikemas dalam Kopi Kapiten (Kopi Khas Kabupaten Pasuruan), kami harapkan bisa diangkat menjadi kopi specialty,” kata Teguh Wahyudi, Direktur Utama Research Perkebunan Nusantara, saat ditemui beritajatim.com di sela-sela acara reuni alumni SMAN 1 Pasuruan angkatan 1973-1982 di Pendopo Kabupaten Pasuruan, Minggu (24/9/2017).

Ia menjelaskan, ada delapan kecamatan di Kabupaten Pasuruan yang memiliki potensi kopi. Dan rata-rata berada di kawasan pegunungan. Diantaranya yaitu seperti di Kecamatan Tosari, Puspo, Tutur, Prigen, Purwodadi, Lumbang, Purwosari dan Pasrepan.

"Bahkan,dalam lomba kopi se-Indonesia di Aceh akhir 2016 lalu, kopi asal Kabupaten Pasuruan berhasil menduduki peringkat kedua," terangnya kepada beritajatim.com.

Selain itu ia juga mengatakan, keberadaan potensi kopi Pasuruan diyakini bisa menembus pasar dunia, karena memiliki cita rasa yang khas. Hal itu diperoleh karena lokasi lingkungan dan cara pengelolaannya, mulai dari pemanenan hingga penyajiannya.

“Supaya dapat selalu menjaga mutu. Maka cita rasa khas yang perlu dipertahankan oleh para petani. Mulai dari lokasi penanaman, serta pemanenan dengan memetik biji kopi merah, sangat berpengaruh pada cita rasa,” pungkasnya. (oci/kun)

Berita Terkait

    Komentar

    ?>