Sabtu, 18 Nopember 2017

Surabaya Miliki Banyak Produk Startup yang Mampu Bersaing Global

Minggu, 03 September 2017 16:27:50 WIB
Reporter : Renni Susilawati
Surabaya Miliki Banyak Produk Startup yang Mampu Bersaing Global
Kota Surabaya memiliki potensi produk startup yang prospek di level global. [Foto: renni/bj.com]

Surabaya (beritajatim.com)--Bisnis startup semakin booming tak hanya di kalangan profesional muda. Bahkan siswa dan mahasiswa pun kini mulai banyak yang terjun ke dunia startup digital.

Hal ini juga yang membuat pemerintah turun untuk mensupport para starter muda di Surabaya. Salah satunya dengan menggelar Bekraf Developer Day (BDD).

Menurut Deputy Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Hari Santoso Sungkari, Surabaya kembali dipilih menjadi tempat penyelenggaraan ajang Bekraf Developer Day (BDD) karena memiliki banyak produk startup yang bisa bersaing di tingkat global.

"Kami ingin mendorong lahirnya pahlawan-pahlawan digital baru yang bukan hanya memberi solusi bagi Surabaya, tapi juga bagi Indonesia," ujarnya di Surabaya, Minggu (3/9/2017).

Bekraf sendiri optimistis industri startup ini pada gilirannya akan berdampak signifikan terhadap sektor tenaga kerja dan ekspor. Pemerintah melalui kementerian terkait, kata dia, akan membantu memfasilitasinya dengan dukungan infrastruktur broadband.

Dia mencontohkan banyaknya tenaga kerja wanita (TKW) di sejumlah negara maju, yang sudah semakin terbiasa dengan sosial media. Di sisi lain, Indonesia saat ini saja sudah memiliki 500 ribu developer yang kemampuan cloudingnya bisa diserap dunia industri.

Pihaknya kini sedang berupaya mengajari para TKW dan ibu rumah tangga yang dianggap memiliki kemampuan untuk belajar membuat website. "Kami menemui mereka di Hongkong, Taiwan dan Singapura untuk memberi pemahaman tentang beragam peluang dari internet," ujarnya.

Melalui program tersebut, para TKW yang sudah memiliki kemampuan clouding itu nantinya diharapkan mau mencari nafkah di negerinya sendiri. Mereka bisa saja membuka toko online dan tidak perlu menjadi TKW lagi di negeri orang.[air/rea]

Tag : startup

Berita Terkait

    Komentar

    ?>