Minggu, 19 Nopember 2017

Pelindo III Bagikan 480 Hewan Kurban ke Masyarakat

Sabtu, 02 September 2017 00:37:14 WIB
Reporter : Renni Susilawati
Pelindo III Bagikan 480 Hewan Kurban ke Masyarakat

Surabaya (beritajatim.com) – Pada hari raya Idul Adha 1437H, Pelindo III membagikan sedikitnya 480 ekor hewan kurban yang terdiri dari 132 ekor sapi dan 348 ekor kambing. Hewan tersebut akan disalurkan kepada masyarakat di wilayah kerja Pelindo III yang berada di tujuh Provinsi yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Pelabuhan Tanjung Perak menjadi salah satu tempat distribusi di Jawa Timur, sedikitnya 19 ekor sapi dan 100 ekor kambing diserahkan dalam bentuk hewan kurban hidup. Sementara itu, sebanyak 25 ekor sapi dan 50 ekor kambing dibagikan dalam bentuk daging kurban yang menjangkau sekitar 1.500 warga di sekitar pelabuhan yang dikelola oleh Takmir Masjid Baitul Hakam, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Human Capital and General Affair Director Pelindo III, Toto Heli Yanto menyerahkan secara simbolis hewan kurban Pelindo III dan diterima oleh Ketua Panitia Kurban Pelindo III Hadi Mohammad Lukmantyo di halaman masjid Baitul Hakam pada Jumat (1/9/2017).

Dalam sambutannya, Toto mengatakan bahwa kurban tersebut merupakan sebuah ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT yang mengajarkan kita makna keikhlasan. “Ibadah kurban kami jalankan sesuai dengan tuntunan ajaran islam sebagai bentuk mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa seluruh hewan kurban terkumpul dari Pelindo III Group, baik secara korporasi maupun anak usaha, mitra kerja bahkan pegawai dan keluarga pegawai. Hasil daging sembelihan hewan kurban akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan yakni tenaga kerja bongkar muat pelabuhan (TKBM), petugas kebersihan, takmir masjid, mushola, yayasan dan panti asurah di sekitar lingkungan pelabuhan. “Pembagian daging kurban ini merupakan kesempatan baik bagi Pelindo III untuk lebih dekat kepada masyarakat,” jelas Toto.

Vice President Corporate Communication Pelindo III, Widyaswendra yang turut mengikuti Sholat Idul Adha bersama membenarkan bahwa kegiatan pembagian daging kurban secara rutin dilaksanakan setiap tahun. Sebanyak 480 ekor sapi dan kambing dibagikan kepada masyarakat di wilayah Pelindo III.

“Sesuai tuntunan ajaran islam, penyembelihan hewan kurban bisa dilakukan pada hari ini hingga tiga hari setelahnya atau disebut hari tasyriq yang jatuh pada tanggal 11,12 dan 13 dzulhijah, maka tidak keseluruhan hewan akan disembelih pada hari ini,” tuturnya.

“Sebagai badan usaha milik negara, Pelindo III mempunyai tanggung jawab sosial kepada masyarakat dan lingkungannya. Hal itu dilakukan tidak hanya kegiatan momen idul adha seperti ini,namun juga pemberian bantuan berupa kegiatan bina lingkungan seperti bantuan korban bencana alam, bantuan pendidikan/pelatihan, bantuan peningkatan kesehatan, bantuan pengembangan sarana dan prasarana umum, sarana ibadah, pelestarian alam dan sosial kemasyarakatan serta program kemitraan dalam bentuk peminjaman modal,” pungkas Wendra. [rea/but]

Tag : pelindo

Komentar

?>