Sabtu, 22 September 2018

Lagi, Warga Miskin di Jombang Terima Beras Berkutu

Minggu, 23 Juli 2017 19:26:35 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Lagi, Warga Miskin di Jombang Terima Beras Berkutu

Jombang (beritajatim.com) – Untuk kesekian kalinya, warga miskin di Jombang menerima beras sejahtera (rastra) tidak layak konsumsi. Beras yang dulunya bernama raskin itu apek, remuk, dan berkutu.

Adalah warga Dusun Mutersari, Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, yang menerima beras tersebut. "Sebelumnya kami sudah mengembalikan rastra tersebut karena kondisinya yang apek dan remuk. Namun saat ada pembagian lagi, ternyata restra yang diberika tidak jauh beda. Apek, remuk, dan berkutu," ujar Siti Munawaroh, sembari menunjukkan beras yang dimaksud, Minggu (23/7/2017).

Siti menceritakan, rastra yang diterima warga kondisinya begitu-begitu saja. Maka tak heran, sebelum dimasak, rastra harus terlebih dulu dicampur dengan beras kualitas bagus. Perbandingan mencapai 30 persen banding 70 persen.

"Kalau hendak dimasak, kami mencampur dengan beras bagus. Rastra 30 persenm beras bagus 70 persen. Kalau tanpa campuran, berasnya tidak enak. Tidak layak untuk dimakan," kata Siti polos.

Jika musim panen tiba, warga lebih nekat. Yakni, rastra tersebut digunakan untuk pakan ayam. "Sejak dulu ya seperti ini (buruk). Kami berharap pemerintah mengganti rastra dengan beras yang layak," sambungnya.

Kondisi itu ternyata bukan hanya dialami warga Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng. Namun juga dialami warga Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam. Setali tiga uang dengan Desa Ngrimbi, rastra di Carangwulung juga remuk dan berkutu.

"Setiap menerima rastra ya kondisinya remuk. Saya tidak protes, karena takut tidak diberi jatah untuk bulan selanjutnya," kata Susiyani, warga setempat. [suf]

Tag : raskin bulog

Komentar

?>