Sabtu, 21 Oktober 2017

Persiapan Penerbangan Komersil, Pemkab Kepras Gedung SMA PGRI

Selasa, 18 Juli 2017 00:16:38 WIB
Reporter : Temmy P.
Persiapan Penerbangan Komersil, Pemkab Kepras Gedung SMA PGRI

Sumenep (beritajatim.com) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menyatakan siap melakukan pengeprasan gedung lantai II SMA PGRI setempat, yang dianggap sebagai 'obstacle' atau objek penghambat keselamatan penerbangan.

"Sudah ada kesepakatan untuk pengeprasan SMA PGRI, khusus bangunan lantai duanya. Cipta Karya yang akan melaksanakan pengeprasan sudah siap," kata Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, Senin (17/7/2017).

Gedung SMA PGRI merupakan salah satu 'obstacle' untuk penerbangan komersil dengan pesawat jenis ATR 72, karena posisinya sekitar 230 meter di sebelah barat ujung landas pacu pesawat di Bandara Trunojoyo.

"Saat ini sudah tidak ada masalah. Kami pastikan, dalam satu dua hari ini, gedung SMA PGRI akan mulai dikepras," ujar Bupati.

Pada Senin sore, Bupati, Wakil Bupati, serta sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sumenep bertemu dengan managemen Wings Air di Bandara Trunojoyo, didampingi Kepala Bandara.

Managemen Wings Air mengaku tertarik dan meminta 'slot time' untuk membuka penerbangan komersil dengan rute Sumenep - Surabaya. Wings Air berencana mengoperasikan pesawat berkapasitas 70 penumpang jenis ATR 72.

"Kesepakatan dengan Yayasan yang mengelola SMA PGRI sudah final. Lihat saja. Dalam satu dua hari ini, SMA PGRI akan dikepras," tandasnya sekali lagi.

Sementara Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo menjelaskan, dari sisi teknis, fasilitas yang ada di Bandara Trunojoyo telah dinyatakan layak untuk aktivitas penerbangan pesawat jenis ATR-72. Mulai panjang landas pacu serta fasilitas-fasilitas lain di Bandara Trunojoyo, semua sudah memenuhi syarat untuk penerbangan ATR-72.

"Tetapi selama 'obstacle' itu belum disingkirkan, ya landas pacu yang sudah diperpanjang menjadi 1.600 meter itu belum bisa digunakan. Tapi sudah ada komitmen dari pak Bupati untuk segera melakukan pengeprasan gedung SMA PGRI," ujarnya.

Wings Air berencana akan melakukan terbang percobaan (terbang tanpa penumpang: red) di Bandara Trunojoyo pada Sabtu (22/07/2017). Terbang percobaan tersebut untuk mengetahui secara langsung, kelayakan dan kesiapan bandara untuk penerbangan pesawat jenis ATR 72. [tem/suf]

Komentar

?>