Sabtu, 25 Nopember 2017

Tengah Tahun, Target PBB Jember Tercapai 27 Persen

Jum'at, 14 Juli 2017 18:34:49 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Tengah Tahun, Target PBB Jember Tercapai 27 Persen

Jember (beritajatim.com) - Memasuki pertengahan tahun 2017, dari target pajak bumi dan bangunan (PBB) di Kabupaten Jember sebesar Rp 50 miliar, baru tercapai 27,8 persen atau Rp 13,9 miliar. Capaian ini lebih baik dibandingkan tahun lalu yang mencapai 26 persen pada saat yang sama.

"Kami mempercepat penerbitan SPPT (Surat Pemberitahuan Pajak Terutang) dibandingkan tahun lalu," kata Kepala Badan Pendapatan Daerah Jember Mirfano.

Problem yang dihadapi Bapenda tahun ini dengan tahun lalu tidak berbeda jauh. "Namun tahun lalu penerbitan SPPT sudah diterbitkan Februari," kata Mirfano.

Kecamatan yang tergolong rendah dalam memenuhi target PBB adalah Mayang dan Mumbulsari. Sementara yang tertinggi adalah Kecamatan Balung dan Ambulu. Perbedaan ini dikarenakan banyak faktor.

"Faktor karakteristik masyarakat, faktor petugas, faktor teknis lainnya, faktor situasi dan kondisi saat ini. Kadang SPPT diterbitkan, petani sudah panen lebih dulu. Oleh sebab itu camat meminta agar SPPT segera didistribusikan pada Februari, karena habis panen," kata Mirfano.

Bapenda mengubah mekanisme pemberian jasa pungut bagi petugas pengutip PBB. Sebelumnya, jasa pungut baru bisa diberikan setelah tagihan PBB terselesaikan 25 persen. Saat ini, tagihan PBB terselesaikan 20 persen, jasa pungut bisa diberikan. "Karena mereka kan harus membiayai sendiri untuk transportasi," kata Mirfano. [wir/ted]

Tag : jember pbb

Komentar

?>