Minggu, 19 Nopember 2017

Wings Air Lirik Rute Sumenep - Surabaya

Jum'at, 14 Juli 2017 08:47:12 WIB
Reporter : Temmy P.
Wings Air Lirik Rute Sumenep - Surabaya
Penumpang pesawat saat turun di Bandara Trunojoyo

Sumenep (beritajatim.com) - PT Wings Abadi (Wings Air) menyatakan tertarik untuk melayani penerbangan komersil melalui Bandara trunojoyo dengan rute Sumenep - Surabaya.

"Kami sudah menerima surat resmi dari Wings Air, tertanggal 12 Juli 2017 yang mengajukan permohonan 'slot' penerbangan dengan rute Sumenep - Surabaya," kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep Wahyu Siswoyo, Jumat (14/7/2017).

Jalur penerbangan Sumenep - Surabaya itu merupakan bagian dari pengembangan bisnis Wings Air. Rencananya, pesawat yang digunakan adalah pesawat terbang berkapasitas 70 penumpang dengan tipe ATR-72 untuk melayani rute tersebut.

"Kami sebagai pengelola Bandara Trunojoyo, melihat permohonan 'slot' rute Sumenep - Surabaya dari Wings Air itu sebagai sebuah perkembangan yang positif," ujar Wahyu.

Namun, lanjut Wahyu, untuk merealisasikan permohonan tersebut, ada kendala teknis yang harus segera diselesaikan, yakni masih adanya 'obstacle' atau objek penghambat keselamatan penerbangan bagi pesawat berkapasitas 70 penumpang.

Objek penghambat tersebut adalah gedung dua lantai milik SMA PGRI Sumenep yang posisinya sekitar 230 meter di sebelah barat ujung landas pacu pesawat Bandara Trunojoyo.

"Persoalan objek penghambat itu di luar kewenangan kami. Itu merupakan ranahnya Pemkab Sumenep. Karena itu, dalam waktu dekat, kami akan kembali membicarakan hal itu dengan pihak terkait," terkait.

Ia menambahkan, dari sisi teknis di Bandara Trunojoyo, fasilitasnya yang ada telah dinyatakan layak untuk aktivitas penerbangan pesawat jenis ATR-72.

"Dari panjang landas pacu serta fasilitas-fasilitas lain di Bandara Trunojoyo, semua sudah memenuhi syarat untuk penerbangan ATR-72. Hanya tinggal menunggu relokasi bangunan SMA PGRI Sumenep yang menjadi objek penghambat keselamatan penerbangan," tegasnya.

Sejak Mei 2015, Bandara Trunojoyo menjadi salah satu bandara di Jawa Timur yang menjadi bagian dari jalur penerbangan pesawat perintis. Operator penerbangan perintis yang memanfaatkan Bandara Trunojoyo Sumenep mulai Januari 2016 adalah PT Airfast Indonesia, dengan pesawat terbang jenis Twin Otter DHAC 300 berkapasitas 15 penumpang.

Rute penerbangan perintis yang dilayani pesawat milik PT Airfast Indonesia adalah Sumenep-Surabaya dan sebaliknya, Surabaya-Bawean dan sebaliknya, Surabaya-Karimunjawa dan sebaliknya, serta Karimunjawa-Semarang dan sebaliknya, dengan frekuensi dua kali penerbangan dalam sepekan. [tem/suf]

Komentar

?>