Jum'at, 15 Desember 2017

Dinas Pertanian Banyuwangi Pastikan Daging di Pasar Sehat Konsumsi

Senin, 19 Juni 2017 19:06:32 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Dinas Pertanian Banyuwangi Pastikan Daging di Pasar Sehat Konsumsi

Banyuwangi (beritajatim.com) - Dinas Pertanian Banyuwangi melakukan sidak kepada sejumlah pedagang daging di beberapa pasar tradisional. Hal ini untuk mengantisipasi konsumsi daging warga serta antisipasi adanya daging tak sehat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah.

"Kita ingin melihat kondisi pasar daging di Banyuwangi. Melihat kualitas daging, kesehatan hewan yang disembelih, ketersediaan daging yang cukup karena kita ingin swasembada daging," terang Arief Setiawan, Kepala Dinas Pertanian Banyuwangi, saat melakukan sidak di Pasar Blambangan, Senin (19/6/2017)

Satu persatu petugas Dinas Pertanian melakukan pengecekan terhadap daging sapi milik pedagang. Hal ini guna memastikan kondisi daging sapi sehat tidak mengandung penyakit, gelonggongan, ataupun campuran.

Selain itu tak hanya memeriksa daging sapi, petugas juga memastikan daging ayam yang dijual pedagang. Karena dikhawatirkan daging ayam tersebut merupakan daging sisa atau mati kemarin (tiren) sehingga tak sehat untuk konsumsi.

"Sejauh ini, Alhamdulillah tidak ditemukan daging campuran atau gelonggongan, semuanya sehat. Ini juga memastikan ketersediaan daging mencukupi," ungkap Arief.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Bambang Sugiyanto mengatakan, pihaknya menjamin daging yang terdistribusi ke masyarakat sudah Aman, Sehat, Utuh dan Halal (Asuh).

"Karena setiap saat kita lakukan sidak ke pasar. Kegiatan ini kita sudah sosialisasikan dengan baik di seluruh Banyuwangi. Dan sidak ini kita sebar ke beberapa penjuru Banyuwangi," ujarnya.

Pengawasan ini akan terus dilakukan oleh Dinas Pertanian Banyuwangi hingga Lebaran 2017. Ini dilakukan untuk keamanan masyarakat yang akan mengkonsumsi daging saat Lebaran tahun ini. [rin/but]

Tag : daging

Komentar

?>