Kamis, 29 Juni 2017

Perbaikan Kapal Molor, Hari Pertama Mudik Gratis Kalianget - Kangean Gagal

Senin, 19 Juni 2017 14:39:02 WIB
Reporter : Temmy P.
Perbaikan Kapal Molor, Hari Pertama Mudik Gratis Kalianget - Kangean Gagal

Sumenep (beritajatim.com) - Hari pertama pelaksanaan program mudik gratis dari Pelabuhan Kalianget menuju Pulau Kangean, Sumenep, Senin (19/06/2017) gagal dilaksanakan, karena Kapal Express Bahari 9C yang akan digunakan, masih dalam proses perbaikan.

"Perbaikan baling-baling Kapal Express Bahari 9C yang kandas di perairan Pulau Kalosot ternyata hingga saat ini belum selesai. Akibatnya, mudik gratis dari Kalianget ke Pulau Kangean menggunakan kapal itu ya terpaksa ditunda. Semestinya hari ini memang hari pertama mudik gratis ke Kangean," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget, Moch. Iksan.

Mudik gratis menggunakan kapal bagi warga kepulauan Sumenep tersebut merupakan program rutin dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Untuk tahun 2017, Kapal Express Bahari 9C milik PT Sakti Inti Makmur (SIM) menjadi armada yang digunakan untuk mudik gratis tersebut.

Untuk rute Pelabuhan Kalianget - Pulau Kangean, dijadwalkan satu trip setiap hari selama enam hari, mulai 19-24 Juli 2017. Kapal dijadwalkan berangkat dari Pelabuhan Kalianget pada jam 08.00 WIB.

"Karena musibah kandas kemarin, jadwal kapal mudik gratis memang mengalami perubahan. Semula dirubah berangkat pada siang ini, dengan perkiraan perbaikan selesai. Tapi ternyata perbaikan belum selesai, hingga pemberangkatan kembali ditunda. Kalau hari ini perbaikan tuntas, maka mudik gratis ke Kangean dilaksanakan Selasa (20/06/2017) pagi," terangnya.

Kapal Express Bahari 9C pada Sabtu (17/06/2017) sore berangkat dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo menuju Pulau Raas, mengangkut 360 penumpang. Namun sekitar 1 mil dari Pelabuhan Raas, kapal kandas. Dugaan sementara, kapal saat berbelok ke arah Pelabuhan Raas terlalu ke kiri, hingga badan kapal tersangkut batu karang dan kapal kandas.

Dalam musibah tersebut, seluruh penumpang selamat dan telah dievakuasi ke Raas menggunakan perahu kayu milik nelayan setempat. Sementara nahkoda dan anak buah kapal (ABK) bertahan di kapal menunggu selesainya perbaikan kapal.

"Kami terus berkoordinasi dengan PT SIM, menanyakan kesiapan armadanya untuk mudik gratis ke Sumenep. Tapi memang kondisi armadanya belum memungkinkan untuk berlayar hari ini," ungkapnya.

Ia berharap agar perbaikan kapal segera tuntas, sehingga program mudik gratis ke Kangean bisa segera dilaksanakan. "Kami sudah mengumumkan pada calon penumpang, terkait penundaan keberangkatan kapal mudik gratis ke Kangean. Saat ini posisi Kapal Express Bahari 9C masih di Perairan Raas," ucapnya. (tem/ted)

Tag : mudik lebaran

Komentar

?>