Selasa, 22 Agustus 2017

Harga Cabai Rawit Masih Melangit

Senin, 29 Mei 2017 13:20:58 WIB
Reporter : Temmy P.
Harga Cabai Rawit Masih Melangit

Sumenep (beritajatim.com) - Harga cabai rawit di pasar tradisional Sumenep pekan ini kembali mengalami kenaikan, menjadi Rp 55 ribu per kg.

"Harga cabai memang sangat fluktuatif. Terutama untuk cabai kecil. Awal pekan ini naik Rp 5.000. Padahal baru beberapa hari lalu turun Rp 5.000 juga," kata Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumenep, Sukaris, Senin (29/05/2017).

Menurutnya, harga cabai sangat dipengaruhi permintaan dan stok. Apalagi, cabai merupakan komoditas yang tidak tahan lama. Karena itu, apabila di daerah yang menjadi sentra penghasil cabai mengalami gagal panen atau tiba-tiba turun hujan hingga banyak cabai yang busuk, maka stok akan berkurang.

"Sekalipun stoknya berkurang, tetapi permintaan konsumen terhadap cabai ini kan tetap tinggi. Apalagi bulan Ramadan. Nah kalau stok sedikit dan permintaan tinggi, otomatis hukum pasar berlaku. Harga di pasaran jadi naik. Dan untuk cabai kecil ini memang menjadi masalah nasional, bukan hanya Sumenep," ujarnya.

Sementara beberapa komoditas lain juga mengalami kenaikan harga pekan ini. Diantaranya telur ayam ras naik Rp 1.000 menjadi Rp 22.000. Kemudian sayur mayur seperti kubis, tomat, dan wortel, juga mengalami kenaikan harga, rata-rata Rp 1.000 - 2.000 per kg.

"Kenaikan harga sejumlah komoditas itu masih bisa dibilang wajar. Sebagian besar disebabkan karena naiknya permintaan konsumen," ujarnya.

Namun menurut Sukaris, untuk beberapa kebutuhan pokok lain harganya relatif stabil. Beras kualitas medium IR 64 harganya Rp 9.500 per kg, dan IR desa Rp 8.500 per kg.

"Sedangkan gula pasir dalam negeri tetap Rp 12.500 per kg, dan minyak goreng curah stabil Rp 12.000 per kg," terangnya.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumenep secara rutin melakukan pemantauan harga sembako di dua pasar tradisional, yakni Pasar Anom Baru sebagai pasar induk, dan Pasar Bangkal sebagai pembanding. [tem/but]

Tag : cabe

Komentar

?>