Sabtu, 27 Mei 2017

OJK Jember: Lima Lembaga Investasi Terduga Bodong Tengah Diidentifikasi

Jum'at, 19 Mei 2017 16:18:17 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
OJK Jember: Lima Lembaga Investasi Terduga Bodong Tengah Diidentifikasi

Jember (beritajatim.com) - Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kabupaten Jember Mulyadi mengatakan ada 163 perusahaan investasi bodong yang terdeteksi secara nasional. Sementara itu di wilayah kerja OJK Jember ada lima lembaga yang tengah diidentifikasi.

"Itu ada di beberapa daerah. Tak hanya di Jember. Di Banyuwangi ada. Kami sedang identifikasi ini. Artinya kami juga tidak serta-merta menyatakan ini salah. Kami lihat dulu kiprahnya. Kalau memenuhi unsur-unsur penipuan, kami akan bergerak," kata Mulyadi.

OJK juga melansir ciri-ciri investasi bodong sebagai rujukan sosialisasi. Mulyadi menyatakan, pihaknya membutuhkan bantuan dari aparat kepolisian, pemerintah daerah, dan pemangku kebijakan lainnya. "Informasi tidak akan nyambung kalau hanya dari OJK," katanya.

Menurut Mulyadi, tindakan terhadap kasus investasi bodong tergantung kewenangan masing-masing lembaga. "Kami juga tidak bisa memborgol penipuan. Kami berbagi, dan inilah sinergi yang ingin diciptakan," katanya.

Mulyadi menyebut, indikasi investasi bodong sangat teknis. "Tentunya itu menjadi domain kami. Setelah kami nyatakan ini memenuhi unsur-unsur untuk ditindak, kami akan berkoordinasi dengan kepolisian dan kejaksaan," katanya.

Mulyadi mengatakan, investasi bodong di Jember belum marak. "Sebelum kemarakan itu ke sini, kita cegah dulu. Mungkin saja mereka masuk, tapi tak akan terlayani dna keluar lagi," katanya. [wir/ted]

Tag : ojk

Komentar

?>