Selasa, 26 September 2017

Selain Bawang Putih, Harga Sembako di Gresik Stabil

Jum'at, 19 Mei 2017 15:47:13 WIB
Reporter : Deni Ali Setiono
Selain Bawang Putih, Harga Sembako di Gresik Stabil

Gresik (beritajatim.com) - Harga kebutuhan bahan pokok di Kabupaten Gresik relatif stabil kecuali non bawang putih. Masih stabilnya harga bahan pokok tersebut ditegaskan langsung oleh Bupati Sambari Halim Radianto saat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Baru Gresik, Jumat (19/05/2017).

Dalam sidak tersebut Bupati Sambari didampingi Dandim Gresik Letkol Kav Widodo Pujiyanto dan Kapolres Gresik AKBP Boro Windu Danandito. Ketiga orang tersebut   
langsung mengecek harga-harga bahan sembako di pasar dan bertanya kepada para pedagang soal harga.

"Harga sembako di Pasar Baru Gresik relatif stabil meskipun ada kenaikan tapi tidak terlalu bergejolak," ujar Sambari.

Saat ini, harga beras dengan kualitas rendah masih stabil yakni di kisaran Rp 7.800 rupiah per kilo. Sedangkan yang kualitas bagus kisaran Rp 11.000 rupiah per kilo. Naik sekitar Rp 200 rupiah per kilonya. Namun, masih terjangau oleh daya beli masyarakat.

Sambari menjelaskan, untuk persediaan beras hingga H+7 Lebaran Idul Fitri masih tersedia, sehingga masyarakat tidak perlu ada kuatir Gresik kekurangan persediaan beras.

Di Pasar Baru Gresik, untuk harga kebutuhan lainnya seperti telur ayam dikisaran Rp. 21.000 per kilo, cabe Rp 47.000 per kilo. Sedangkan bawang putih berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 60.000 per kilo bergantung kualitas. Untuk harga daging yang saat ini dikisaran Rp 95.000 per kilonya.

Menurut Bupati Sambari, kenaikan harga untuk beberapa barang masih dalam taraf wajar. Ia berharap kondisi ini dapat bertahan sampai Lebaran nanti, termasuk ketaatan para pedagang menjual barang yang bermutu baik.

"Sejumlah komoditas terpantau baik namun apabila terdapat kenaikan harga. Pemkab Gresik berharap agar kenaikannya masih dalam taraf yang wajar, dan para pedagang tidak seenaknya menaikkan harga," ujarnya.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Gresik Suyono mengatakan, tim Satgas Pengendlian Harga Bahan Pokok siap untuk memantau dan mengawasi kestabilan harga pangan.

"Harapannya keberadaan tim satgas tersebut bisa mengendalikan kestabilan harga sembako di Kabupaten Gresik," tandasnya. [dny/but]

Tag : sembako

Komentar

?>