Jum'at, 21 Juli 2017

Dorong Tumbuhnya Wirausaha Lewat Program DSC

Kamis, 18 Mei 2017 01:18:28 WIB
Reporter : Renni Susilawati
Dorong Tumbuhnya Wirausaha Lewat Program DSC

Surabaya (beritajatim.com) -  Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terbukti mampu bertahan menghadapi krisis ekonomi. Tentu saja hal itu tak terlepas dari mental baja wirausahanya. Dan kini angka wirausaha terus bertambah, dimana rasio wirausaha di Indonesia mencapai 3,1% dari total jumlah total penduduk. Hal itu juga yang membuat Wismilak meneruskan program modal untuk pelaku usaha melalui program Diplomat Success Challenge (DSC).

Diplomat Success Challenge selalu mengangkat tema yang berbeda setiap tahunnya. Di tahun 2017 ini, DSC secara khusus mengangkat tema “Sukses yang Bermanfaat”. Tema tersebut dilandasi dari pemahaman bahwa sukses yang kita raih bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan juga untuk lingkungan sekitar kita.

"Kami ingin memberikan impact yang lebih luas kepada masyarakat, terutama di bidang wirausaha. Oleh karena itu, tahun ini kami sengaja memperbanyak jumlah pemenang dan menghadirkan konsep yang baru di kompetisi ini. Tahun ini kami mengangkat tema ‘Sukses yang Bermanfaat’. Kami yakin kompetisi DSC bisa terus menularkan virus kesuksesan kepada masyarakat Indonesia," tutur Surjanto Yasaputera, yang akrab dipanggil Pak Sur, selaku Ketua Dewan Komisioner Diplomat Success Challenge 2017.

Hal ini senada dengan yang diungkapkan oleh Antarina S.F. Amir bahwa penciptaan lapangan kerja harus ditangani secara serius dikarenakan pertumbuhan penduduk yang sangat pesat baik di dunia maupun di Indonesia. Pertumbuhan pencari kerja lebih cepat dibandingkan penyediaan lapangan kerja karena itu perlu ditumbuhkan pemikiran kepada generasi muda untuk tidak hanya sebagai pencari kerja, tetapi juga menjadi pencipta lapangan kerja dan bermanfaat bagi masyarakat banyak.

"DSC sangat sejalan dengan pemikiran bahwa generasi penerus harus bisa menjadi pencipta lapangan kerja, tidak hanya sebagai pencari kerja. Hal ini dikarenakan pertumbuhan penduduk yang sangat pesat baik di dunia maupun di Indonesia. Melalui DSC, dengan menjadi wirausaha generasi penerus bisa membantu memberikan lapangan kerja bagi masyarakat banyak," ujar Antarina, salah satu Dewan Komisioner DSC 2017.

Program DSC 2017 tahun ini tampil dengan konsep baru yang berbeda dari tahun sebelumnya. Program kompetisi wirausaha yang memasuki tahun ke 8 (delapan) dalam penyelenggaraannya ini akan melibatkan para Dewan Komisioner yang tidak hanya bertugas dalam penilaian para peserta, Dewan Komisioner nanti juga turut memberikan mentoring kepada peserta DSC.

"Kami sebagai Dewan Komisioner juga ingin menularkan dan memberikan knowledge kami berikut pengalaman yang telah kami peroleh untuk para peserta DSC 2017. Transfer knowledge dan experience ini kami yakini akan sangat strategis guna membantu para peserta dalam menjalankan usaha mereka. Hal ini juga sebagai bentuk tanggung jawab kami kepada program ini," lanjut Pak Sur. [rea/suf]

Tag : ukm wismilak

Komentar

?>